Jumat, 15 September 2023

Pengembangan Klaster Ketahanan Pangan, IPB dan BI kunjungi Ustan Mandiri

 

ustanmandiri

Pengembangan Klaster Ketahanan Pangan, IPB dan BI Kunjungi Ustan Mandiri. Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tesedianya pangan secara cukup, oleh karena itu Provinsi jawa timur berupaya untuk meningkatkan pendatan para peternak dan petani di daerah kawasan komonitas pertanian dan peternakan.

Ustan Mandiri merupakan kelompok tani ternak yang paling aktif dan banyak inovasi di kabupaten bojonegoro diharapkan dapat menjadi inspirasi para kelompok tani ternak yang lain  terutama di daerah  kabupaten bojonegoro.

Kamis,14 Sepetember Bank Indonesia ( BI ) bersama Institut Pertanian Bogor ( IPB ) berkunjung di Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri untuk berdiskusi bersama membahas tentangan peningkatan ketahan pangan kelompok kedepan.

Selain perkembangan kelompok kedepanya, BI dan IPB juga mewawancarai 10 anggota kelompok untuk dimintai keterangan terkait kondisi pendapatan perekonomian kelompok saat ini. Kekurangan dan kelebihan dalam berkegiatan kelompok juga tak luput dari incaran wawancara tim peneliti dari institut pertanian bogor.

Tim Peneliti yang di ketuai oleh, Prof. Dr.M. Firdaus, SP, M. Si. Dengan anggotanya Widan Nur Arrasyid, SE,  Dr. Nia Kurniawati Hidayat, SP,M.Si dan Dr. Pria Sembada, S.Pt, M.St,M.Si datangi kelompok ustan mandiri untuk menggali data fakta perekonomian peternak.

Dengan didampingi, Ir. Elfia Nuraini, Kepala Bidang Peternakan bojonegoro,  BI dan IPB  telah mengrucurtkan permasalahan -permasalahan yang menghambat perkembangan ekonomi keluarga para peternak  dalam menjalankan kegiatan ketahanan pangan disektor peternakan.

Dari hasil- hasil pemetaan tersebut akan dibawa ke Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk dijadikan bahan-bahan Focus Group Discussion (FGD) untuk pengembangan klaster ketahan pangan provinsi jawa timur yang berada di kabupaten bojonegoro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar