Selasa, 12 September 2023

P4S Unggul Trembes Malo Berhasil Kembangkan melon varietas sakata glamour Dari Jepang.

 

ustanmandiri

P4S Unggul Trembes Malo Berhasil Kembangkan  melon varietas sakata glamour dari Jepang. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya P4S satu satunya yang berada di desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Berhasil mengembangkan Rock melon varietas sakata glamour.

Selain usaha peternakan domba dan sapi, P4S Unggul telah berhasil mengembangkan usaha pertanian dan perkebunan di daerah Malo dan sekitarnya. Ada beberapa jenis tanaman hortikultura yang telah berhasil dikembangkan olehnya yakni, tanaman melon dan alpukat., Jenis melon yang telah dikembangkan adalah sakata glamour yang berasal dari negara jepang, tanaman tersebut berkulit tebal dengan warna kulinya hijau dan daging buah berwarna orange.

Menurut Nadi, pengurus” P4S Unggul”  keunggulan  dari melon melon jenis tersebut adalah rasa buahnya lebih manis dibanding dengan melon jenis lain, dengan tekstur cranchy melon tersebut danyak disukai oleh masyarakat luas,dan bobotpun bisa sampai mencapai 3kg perbuah. Untuk kelemahanya sendiri menurut Nadi,  tanaman melon jenis ini blm bisa tahan virus.

Selain melon yang telah dikembangkan, tanaman jenis al pukat juga telah di budidayakan di daerah sekitar P4S Unggul, seperti al pukat  jenis Aligator, Miki, Markus dan Pangeran, saat ini tanaman tanaman tersebut telah berbuah.

Saifudin Ketua P4S Unggul mengatakan bahwa, Tanah bojonegoro sebenarnya bisa di tanami tanaman hortikultura seperti yang di contohkanya . “ sebenarnya tanah bojonegoro bisa ditanami seperti ini, tinggal petaninya saja mau enggak merubah kebiasaanya “ ucap saifudin, saat ditemui ustanmandiri.com di kediamanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar