USTAN MANDIRI MEMPERLUAS LAHAN HIJAUN PAKAN RUMINANSIA DI DOLOKGEDE

Lahan rumput Ustan Mandiri Dolokgede
Musim hujan telah tiba, pada saat beginilah momentum yang paling tepat untuk menanam rumput di ladang.  kelompok tani ternak ustan mandiri bulan ini telah mempersiapkan lahan sedini mungkin untuk menekan biaya pakan ruminansia.

Bumingnya peternakan di berbagai daerah menjadi daya saing di dunia peternakan terutama di wilayah provinsi jawa timur.  lamongan adalah daerah penghasil terbesar di sekirtar lamongan,sioarjo,gresik,tuban dan bojonegoro yakni tentang pakan ternak ruminansia sapi, domba dan kambing.

Dari beberapa daerah di atas para peternak sebagian besar belum mempunyai lahan pakan hijauan yang bisa mencukupi kebutuhan ternaknya,  maka hal tersebut menjadikan problem bagi peternak kususnya di daerah bojonegoro.

Awal sebelum bumingnya peternakan yang berada di bojonegoro persediaan pakan di daerah lamongan begitu besar dan melimpah, tetapi kali ini pakan tersebut sdh mulai di kirim ke jombang, kediri,bogor dan kendal jawa tengah.  Apa yang terjadi peternak bojonegoro dan daerah lain yg bergantungan dengan daerah lamongan mulai klabakan.

Ustan mandiri kelompok tani ternak yang memulai untuk memberikan percontohan bagi para peternak di wilayah Tambakrejo,Ngambon dan Purwosari memanfaatkan lahan yang kurang produktif untuk di buat lahan rumput untuk kelompoknya.

Lahan yang di punyai oleh kelompok sekitar 100 meter x 30 meter untuk persiapan pakan hijaun sapi 8 ekor dan domba 35 ekor.  Tetapi apa yang terjadi di masyarakat beternak adalah sebuah niat kenekatan yang di lakukan hampir rata-rata peternak yang berada di tengah-tengah masyarakat untuk mengambil keputusan tersebut, padahal jika mau beternak yang paling pertama yang harus difikirkan bagi kita semua adalah tentang hal pakan  bukan ternaknya.

Bagi para peternak ayo segera di petakan dulu jika kita mau beternak yang paling penting adalah niat,pakan, kandang, ternak dan yang terahir adalah semangat.

Komentar

Postingan Populer