USTAN MANDIRI PUNYA 4 KANDANG PERCONTOHAN DI 4 RT

Pusat percontohan dan Kandang Belajar Peternak ustan Mandiri
Desa Dolokgede, desa yang di apit oleh desa penghasil minyak gas bumi di indonesia, sebelah barat dolokgede desa kaliombo dan Kalisumber terkenal dengan sebutan "Tiung Biru" wilayanh kerja Pertamina aset 4 dan sebelah timurnya desa bandungrejo adalah wilayah kerja Exxon Mobile dengan anak perusahaanya MCL ( Mobil Cepu Limited ).

Kandang ini di gunakan sebagai wahana belajar oleh para anggota kelompok peternak dari berbagai daerah di sekitar desa dolokgede.  berbagai kegiatan di pusatkan di kandang percontohan yang suadah tersebar di beberapa Rt  di desa dolokgede.

kandang percontohan Bapak Kisnadi berada di Rt 06 yang kapasitas ternaknya 30 ekor, di Rt 05 di Kandang Lintisno kapasitas 20 ekor,Di Rt 11 kandang Virgiawan Listanto dengan kapasitas ternak 30 ekor dan terahir kandang percontohan milik Muhammad Ali di Rt 04 kapasitas ternak 30 ekor.

Ustan Mandiri mempunyai jumlah kandang 20 kangdang 4 sekala besar dan 16 sekala rumah tangga,dan beranggotakan 20 orang di devisi domba.  Adapun devisi yang lain yang berada di kelompok ternak Ustan Mandiri yakni devisi Unggas dan Devisi Sapi.

Di devisi unggas ada 22 orang anggota, sedangkan devisi sapi 25 orang, tiap-tiap anggota  tersebar di semua Rt di desa Dolokgede. populasi domba indukan di kelompok ternak ustan mandiri 200 indukan domba 86 pejantan dan 111 cempe, jadi total domba di kelompok ternak adalah 397 ekor.

 Data tersebut di himpun oleh Tieam KKN UGM tahun 2015 bulan Agustus kemarin.


 


Komentar

Postingan Populer