Senin, 25 Maret 2024

Kandang Lepas Solusi Terbaik Sapi Kawin Berulang

Ustan mandiri

 Kandang Lepas Solusi  Terbaik Ternak Sapi Kawin Berulang. Pada tahun 1980 an petani ternak masih banyak kita jumpai mereka menggunakan sistem beternak sapi kerbau di jawa menggunakan cara di gembala, beda pada tahun di era sekarang, ternak sapi pembibit menggunakan cara di cancang bertahun tahun.

Menengok pada tahun 1980 an sapi -sapi yang dirawat dengan cara digembalakan tidak pernah mengalami gendala suatu apapun terkait dengan reproduksi, di era sekarang banyak sapi-sapi betina yang mengalami gangguan pada reproduksinya itu di sebabkan karena kurangnya gerak dan salah sistem perkandangan. 

Kawin berulang menjadi problem dimana-mana, di wilayah sumber bibit sapi PO bojonegoro misalnya, dengan kawasan wilsumbitnya yang begitu luas dipinggiran hutan pada zaman dahulu tidak ada yang ternak sapinya mengalami gangguan reproduksi dan mengalami penyakit prolapus istilah jawa broyong, kejadian tersebut disebabkan oleh sistem perkandangan yang tidak tepat.

Kurangnya gerak mempengaruhi kesehatan sapi indukan, sehingga mempengaruhi kesuburan kandungan. di KTT (kelompok tani ternak) Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kec. Tambakrejo, Kab. Bojonegoro jawa timur ini telah menggunakan sistem kadang lepas untuk ternak sapi pembibitan, dengan cara seperti ini semua indukan tidak pernah mengalami problem pada reproduksinya.

Sistem ini dilakukan oleh KTT Ustan Mandiri sejak tahun 2020 lalu, semenjak dapat  bimbing oleh LOLIT (Loka penelitian sapi potong) Grati Pasuruan jawa timur, yang sekarang berubah nama menjadi Loka penguji standar instrumen ruminansia besar LPSI.

Syarat yang harus di penuhi oleh peternak pembibit dengan sistem kadang lepas adalah tersedianya pejantan yang bagus sesuai setandar SNI di dalam kandang tersebut. kerana dengan kandang seperti ini sapi betina bebas bergerak sesukanya sesuai keinginanya, Maka kesejahteraan ternak dapat terwujud dan kesuksesan peternaknya juga dapat tercapai.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar