Jumat, 06 Oktober 2023

Deteksi Kebuntingan Sapi, Petugas Lakukan Palpasi Setelah Induk Kawin

ustanmandiri

Ustanmandiri.com  Deteksi Kebuntingan Sapi, Petugas Lakukan Palpasi Setelah Induk Kawin. Pemerikasaan Kebuntingan di singkat PKB,  Hal ini sudah banyak dilakukan oleh kelompok  tani ternak dengan menggunakan jasa petugas Palpasi/ merogoh didalam kandungan indukan sapi yang telah kawin selama tiga bulan.

Kamis, 5 oktober 2023, petugas PKB Dinas peternakan dan perikanan kabupaten bojonegoro jawa timur melakukan palpasi /PKB di kelompok tani ternak Ustan Mandiri untuk memeriksa kebuntingan pada indukan yang telah kawin lebih dari dua bulan di kandang belajar kelompok.

Palpasi ini hanya bisa dilakukan oleh petugas dari Dinas Peternakan yang sudah berkompeten di bidangnya dan disertai tanda sertifikat uji kopensi oleh instansi atau lembaga yang menaunginya.

Ustan Mandiri adalah satu satu kelompok tani ternak yang berada di wilayah sumber bibit sapi PO Bojonegorop yang berada di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Jawa timur yang telah menerapkan palpasi sejak tahun 2018 lalu.

Menurut Ketua Kelompok, Kisnadi, mengungkapkan bahwa, pelaksanaan palpasi sangat membantu peternak untuk mengetahui kebuntingan secara dini,  “ PKB ini sangat membantu peternak untuk mengetahui kebuntingan secara dini antara posif bunting atau tidak “ ungkapnya, saat memberikan keterangan di sekrertariat kelompok.

Di tempat yang sama, Lilik Sulistya, Petugas Dinas Peternakan menjelaskan “PKB pada sapi yg dilakukan setelah ada perkawinan baik secara IB  (Inseminasi Buatan)  atau kawin alam, biasanya PKB dilakukan pada umur kebuntingan 3 bln keatas” ujarnya setelah PKB sapi selesai.

Tujuan dilakukan PKB menurut Petugas adalah mempersiapkan perencanaan yang matang oleh peternak sebagai langkah beruktnya apabila posif peternak bisa merawat dengan ekstra, baik sehatan,  pakan yang berkwalitas di saat kebuntingan dan Dan mempersiapkan perkiraan kelahiran pedetnya.

Bila indukasn negatif dari kebuntingan , peternak bisa menyipkan langkah langkah berikutnya seperti, menyiapkan pakan yang berkwalits, vitamin, hormon, dan kesehatan reproduksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar