Jumat, 06 Oktober 2023

Target Capaian Bojonegoro Bebas PMK, Puskeswan Disnakan Ambil Sample Darah Ternak sudah Tervaksin

ustanmandiri

 Target Capaian Bojonegoro Bebas  PMK, Keswan Disnakan Ambil Sample Darah Ternak sudah Tervaksin. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur,  kamis, 5 oktober 2023 bertempat di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambakrejo, melalui Bidang Keswan melakukan pengambilan sample darah ternak yang sudah tervaksin PMK ( penyakit mulut dan kuku ).

Tujuan pengambilan sampel darah tersebut untuk menguji tingkat keberhasilan vaksinasi yang berdampak menimbulkan kekebalan/antibodi terhadap ternak dari virus PMK,  Serum darah akan diuji titer antibodi oleh petugas dan akan di kirim  ke Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta untuk ditelili lebih lanjut.

Sebanyak 1106 ekor sapi di kabupaten bojonegoro yang diambil sample darahnya untuk dideteksi seberapa kebalnya vaksin PMK yang telah di suntikan ke sapi-sapi peternak pada tahun 2022 yang lalu, hal tersebut untuk memastikan kekebalan dan antibody ternak di wilayah kabupaten bojonegoro.

Kepala UPTD Puskeswan, Drh. Indra Firmansyah mengatakan, bahwa Pada periode pengambilan sampel dan pengujian tahun 2022, Hasil pengujian titer antibodi terhadap PMK pada periode tahun 2022 menunjukkan hasil 95% sampel yang diambil dari sapi yang telah divaksin  menunjukkan hasil protektif terhadap PMK.

“ Hasil pengujian titer antibodi terhadap virus PMK pada pereode tahun 2022  menunjukan protektif terhadap PMK 95 %“ ungkapnya,  saat memberikan keterangan disela sela kegiatan pengambilan sample darah di Tambakrejo.

“ Jadi jangan ragu untuk melaksanakan vaksinasi PMK pada ternak sapinya” imbuhnya. Kegiatan- kegiatan vaksin dan pengambilan sampleh darah selalu di lakukan oleh puskeswan untuk capaian Indonesia bebas PMK 2035.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar