Jumat, 12 Mei 2023

Tingkatkan angka kebuntingan sapi hasil IB melalui metode flushing

 

ustan mandiri

Bojonegoro,11 Mei 2023. Tingkatkan angka kebuntingan sapi hasil IB melalui metode flushing.Dinas peternakan provinsi jawa timur melalui UPT IB mensosialisasikan metode flushing di kelompok tani ternak ustan mandiri desa dolokgede kecamatan tambakrejo kabupaten bojonegoro.

Sistem flushing dilakukan sebelum pelaksanaan inseminasi buatan/IB dan sesudah dilakukan IB, dengan metode ini diharapkan betina produktif mampu birahi secara normal dan sehat agar supaya kawin suntik bisa berhasil dan tidak menberulang-ulang.

Menurut, UPT IB, Dinas Peternakan jatim, Drh. Yeny Winari Astuti M.Agr sistem flushing dapat meningkatkan angka keberhasilan inseminasi buatan dengan baik dengan cara  pemberian pakan sapi dengan protein di atas 12% - 15 %.

Pakan tersebut banyak didapat pada hijauan pakan ternak seperti, rumput rumputan dan kacang -kacangan serta leguminosa.  dua jenis pakan tersebut bisa memperbaiki kwalitas sel telor sapi betina menjadi lebih baik dan berkwulitas.

“ Pakan ini di berikan tujuh hari sebelum dan sesudah dilakukan IB “ungkap Yeny Winari, saat memberikan penjelasan kepada para peternak ustan mandiri dan petugas Iseminator wilayah sumber bibit.

Di tempat yang sama, Petugas Teknis Peternakan Tambakrejo, Lilik Sulistya, memberikan informasi bahwa pakan jenis leguminosa banyak berada di wilayah sumber bibit, tetapi pakan jenis ini lebih familier di berikan pada ternak kambing, maka peternak sapi banyak yang belum memanfaatkan pakan tersebut.

Pembinaan ini akan berlanjut sampai pengaplikasian sistem Flushing yang akan di terapkan oleh dinas peternakan provinsi tahun 2023 , di kabupaten bojonegoro untuk meningkatkan angka keberhasilan dari inseminasi buatan (IB) pada ternak sapi di wilayah pembibitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar