Kamis, 25 Mei 2023

. Bimtek Pengembangan Wilayah Sumber Bibit Sapi PO Bojonegoro

 

ustanmandiri

Bojonegoro, 24 mei 2023. Bimtek Pengembangan Wilayah Sumber Bibit Sapi PO Bojonegoro. Dinas peternakan provinsi jawa timur bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, rabu 24 mei 2023 bertempat di The Dozs Desa dolokgede, kecamatan, tambakrejo mengadakan bimbingan teknis ujiperformans sapi yang layak bibit.

Kegiatan yang melibatkan seluruh pengurus dan anggota keppobojo ( kelompok peternak sapi PO bojonegoro) yang berada di wilayah sumber bibit di kecamatan tambakrejo. Ada 20 kelompok tani ternak yang hadir untuk mengikuti bimtek cara mengkur sapi bibit yang baik dan benar.

Tujuan pelaksanaan bimbingan tersebut untuk medata secara real sapi sapi yang layak bibit untuk mengeluarkan SKLB ( surat keterangan layak bibit) dari pihak yang berwenang. Ketua Keppobojo, Muhammad ali, mengatakan bahwa, untuk mendongkrak harga jual sapi layak bibit lebih tinggi di banding dengan sapi biasa.

“ Ujiperformans  biasa di bilang pengkuran sapi untuk mencari bibit-bibit sapi yang bagus dijadikan calon induk maupun jantan sesuai SNI “ ungkap ketua keppobojo.

Di tempat yang sama, Ir.Kusdiyarto, MM Kepala bidang pembibitan, pakan, dan produksi peternakan Disnakan provinsi jawa timur, sebagai tanggung jawab pemerintah sesuai dengan undang-undang nomor 18 tahun 2009 dan amanah dari kementrian pertanian melalui Permentan nomor 48 tahun 2011, bahwa pemerintah melalui dinas peternakan wajib dan bertanggung jawab untuk menyelamatkan, mengembangkan dan mempertahankan genetik sapi lokal.

Maka dari itu wilayah sumber bibit sapi PO yang satu- satumya berada di provinsi  jawa timur di upayakan untuk dilestarikan dan dijaga sebagai genetik ternak sapi asli indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar