Jumat, 12 Mei 2023

Pembinaan Asosiasi Peternak Wilsumbit Tentang Uji Performans Dari Disnak Provinsi Jawa timur

 

ustan mandiri

Bojonegoro,9 mei 2023.   Rapat Kordinasi Dinas Peternakan Provinsi jawa timur dengan Disnakan bersama peternak di wilayah sumber bibit sapi PO di kecamatan tambakrejo bojonegoro. Sebanyak empat kelompok peternak sapi PO bojonegoro yang terlibat dalam pembinaan dan arahan terkait kegiatan tahunan pengukuran sapi layak bibit.

Pelaksanaa yang mungundang asosiasi “ KEPPOBOJO “ (kelompok peternak sapi PO bojonegoro), yang bertempat di KTT Ustan Mandiri desa dolokgede membuahkan hasil kesepakatan bersama bahwa uji performans di tahun 2023 dilaksanakan bersama di masing-masing desa dengan ketentuan yang telah di sepakati.

Menurut, Moch Imron Rosadi SPt.MM, pengawas bibit ternak ahli muda dinas peternakan provinsi jawa timur, yang masuk dalam uji performens adalah sapi yang sehat dan tidak cacat.

“ Sapi yang habis terkena virus LSD sementara jangan di ukur” tutur Pengawas bibit dari dinas peternakan provinsi. “ soalnya bekas luka masih nampak belum pulih seperti semula” imbuhnya saat memberikan pembinbaan kepada kelompok ternak wilsumbit  selasa, 9 mei 2023 di Ustan Mandiri.

Sementara itu Dinas peternakan dan Perikanan Bojonegoro melalui Kepala Bidang Peternakan, Ir.Elfia Nuraini  S.Pt MP  menyampaikan bojonegoro dua tahun terahir populasi ternak mengalami penurunan akibat adanya wabah PMK di tahun 2022 dan LSD di tahun 2023.

“ Ternak sapi yang berada di wilsumbit dua tahun terahir populasinya mengalami  penurunan karena hampir 70% ternak terkena wabah PMK dan LSD” ujarnya, saat menyampaikan sambutan pembinaan kelompok oleh dinas peternakan provinsi.

“ Selain banyak yang terjual dan mati, indukan produktif juga mengalami kemunduran estrus yang menyebabkan tertundanya perkawinan “ imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar