Rabu, 29 Maret 2023

LPSI Ruminansia Besar Grati Pasuruan Periksa Sapi Pogasi di Wilsumbit Bojonegoro


LPSI  Ruminansia Besar  Grati Pasuruan Periksa Sapi Pogasi di Kelompok Tani Ternak  Wilsumbit Bojonegoro. Loka Pengujian Standar Instrumen ruminansia Besar LPSI, selasa, 28 maret 2023  bertempat di kelompok tani ternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tamabakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa timur, mendatangi KTT Ustan Mandiri untuk melihat secara dekat memeriksa sapi-sapi Pogasi yang telah terserang LSD (lumpy skin disease) dua minggu yang lalu. 

Telah ditemukan 2 ekor sapi pogasi yang terjangkit positif LSD di kandang kelompok dari jumlah keseluruhan di kandang 15 ekor sapi, dan 6 ekor sapi lokal non pogasi juga positif LSD. 

Tim LPSI telah melakukan monitoring sapi sebar pogasi yang terdampak wabah LSD. Kondisi ternak yg terdampak LSD di kandang wilsumbit sudah dilakukan penanganan dengan tepat, sehingga tingkat kematian rendah dan tingkat kesembuhan cukup tinggi. 

" Kami harap kunjungan tim keswan LPSI Ruminansia Besar ke sini bisa memberikan manfaat dan solusi terkait penanganan selanjutnya" Ujar Drh Saiful Anis, M. Si. Medik Veteriner Madya LPSI Ruminansia Besar Grati saat di Ustan Mandiri. 

Dalam kunjunganya di perkirakan butuh waktu dua hari untuk meninjau keadaan sapi Pogasi laianya diempak kelompok kelompok ternak yang telah di drop sapi Pogasi yang berada di wilayah kecamatan tambakrejo. 

Pemeriksaan yang dampingi oleh Dinas peternakan dan perikanan  bojonegoro dengan agenda yang telah ditetapkan oleh LPSI untuk memeriksa keadaan sapi Pogasi yang berada di wilsumbit bojonegoro serta pengambilan sample darah dari sapi PO lokal untuk dilakukan pengujian standar instrumen ruminansia besar. 

Dalam pengambilan sample darah, Disnakan berharap sapi-sapi lokal bojonegoro bisa menjadi brand sapi asli dari kabupaten bojonegoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar