Jumat, 26 Mei 2023

Kolaborasi Antar P4S, Gading Gandeng Tiga P4S Bojonegoro Latih Peternak Desa Bonorejo Gayam

 

ustanmandiri

Bojonegoro, 26 mei 2023. Kolaborasi Antar P4S, Gading Gandeng Tiga P4S Bojonegoro Latih Peternak Desa Bonorejo Gayam. Berdayakan Peternak Kambing Domba, Pemdesa Bonorejo Adakan Pelatihan membuat inovasi  Pakan Ternak. Lembaga pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya ( P4S ) Gading kerjasama pemerintah desa bonorejo kecamatan gayam, kabupaten Bojonegoro, jawa timur, jumat 26 mei 2023 bertempat di balai desa sejumlah 25 peternak kambing domba dilatih tentang managemen pembibitan.

Furom Komunikasi P4S Bojonegoro telah berkolaburasi dengan tiga P4S bojonegoro yang membidangi peternakan yakni Ustan Mandiri, Agri Prima dan Bangkit Kepohbaru untuk menjadi narasumber dan intruktur pelatihan- pelatihan peternakan di desa -desa yang membutuhkan.

Seperti desa Bonorejo Kecamatan Gayam, kepala desa, Ir. Rahmad Aksan, bekerjasama dengan P4S Gading bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan usaha-usaha peternakan kambing domba di desanya lewat kelompok tani ternak “ Maju Makmur” tepatnya di dusun Sukorejo.

“ Dengan lahan sempit peternak saya harapkan mampu memenuhuhi kebutuhan pakan ternaknya” pungkasnya saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan. Dari permasalahan tersebut kepala desa membuat program pemberdayaan dengan menggunakan dana desa untuk mengembangan potensi usaha ternak yang berada di desa bonorejo.

Pelatihan akan dilaksanakan tiga hari kedepan dengan materi dan praktek membuat inovasi pakan berupa pakan pakan alternatif dan pakan pokok, di antara pakan yang di latihkan adalah pakan silase yang memanfaatkan melimpahnya pakan hijauan di sekitar desa, selai itu pakan tambahan seperti kosentarat dan fermentasi juga akan di berikan di hari kedua serta pemasaran ternak di hari terahir sebagai penutup pelatihan.

Saidi, ketua kelompok maju makmur berharap setelah diadakan pelatihan inovasi pakan dan perawatan ternak,  seluruh anggota mampu merawat dan memilih serta bisa membuat pakan sendiri biar tercipnya bank pakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar