Rabu, 31 Mei 2023

Deteksi Penyakit Hewan Ternak Menular, BBVET Wates Yogyakarta Ambil Sampel Darah di Wilsumbit Sapi PO Bojonegoro

ustanmandiri

Bojonegoro, 30/5/23 Deteksi Penyakit Hewan Ternak Menular, BBVET Wates Yogyakarta Ambil Semple Darah di Wilsumbit Bojonegoro. Wilayah sumber bibit sapi peranakan ongole (PO) bojonegoro tepanya di kecamatan tambakrejo kabupaten bojonegoro jawa timur, selasa 30 mei 2023 tim dari Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta melakukan pengambilan darah di wilsumbit sapi PO untuk mendekteksi penyakit menular pada ternak sapi.

Maraknya penyakit menular pada ternak sapi kabupaten bojonegoro salah satu wilayah sumber bibit sapi PO satu satunya di jawa timur yang wajib di pertahankan dan di kembangkan oleh pemerintah indonesia, oleh karena itu Kementrian Pertanian melalui melalui derektorat jenderal peternakan melakukan pengujian semple darat sapi PO bojonegoro, untuk memastikan terbebas dari penyakit menular.

PTP (petugas teknis peternakan) wilsumbit tambakrejo, Lilik Sulistya, mengatakan “ kegiatan seperti ini selalu di lakukan setiap tahun di wilsumbit sapi PO”  ungkapnya, saat di konfirmasi ustanmandiri.com   Menurutnya “ kegiatan survailens ini untuk mengetahui bagaimana kesehatan ternak sapi PO yg ada di wilsumbit,  sebagai kegiatan yg penting untuk keberlangsungan ternak Sapi PO kedepannya setelah adanya PMK dan LSD serta kebijakan selanjutnya jg bs lebih terprogram dgn bagus”  Imbuhnya.

Pelaksanaan yang didampingi oleh bidang Kesehatan Hewan ( keswan) dinas peternakan dan perikanan bojonegoro, Drh. Indra wirmansyah, mengungkapkan bahwa, Pengambilan sampel darah dan feses dilakukan secara rutin setiap tahun sebagai implementasi penjaminan keberlanjutan program wilayah sumber bibit sapi PO. Pengujian terutama dilakukan terhadap kasus parasit dan penyakit menular yang berhubungan dengan kesehatan dan reproduksi langsung oleh laboratorium dibawah dirjen peternakan dan kesehatan hewan kementerian pertanian Balai besar Veteriner Wates Yogyakarta.

Dari pelaksanaan kegiatan BBVET tersebut diharapkan kedepan bisa terus meningkat menghasilkan bibit2 sapi PO berkualitas serta diperoleh Galur khas sapi PO Bojonegoro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar