Kamis, 23 Februari 2023

P4S Alam Sejahtera Bojonegoro Latih 30 Pemuda Ansor Membuat POC

 

ustanmandiri

Bojonegoro, 23 /2 /2023. Gerakan Pemuda Ansor bojonegoro melakukan pelatihan membuat POC  (pupuk organik cair). Pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh P4S Alama Sejahtera kerjasama  LPP NU (lembaga pengembangan pertanian nahdlatul ulama) disambut dengan sangat antusias oleh para peserta, ada 30 peserta yang mengikuti pelatin diantaranya pemuda ansor dan banser.

Ahmad Ropingi, ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya, P4S “Alam Sejahtera” desa Bakalan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro jawa timur, minggu 19 februari 2023 bertempat di gedung Madin (madrasah diniyah) desa Sarirejo Kecamatan Balen.

Menurutnya, para petani harus memulai dan mau melakukan serta menggalakan pertanian yang ramah lingkungan, sebab tanah pertanian di bojonegoro sudah mulai tidak produktif terlalu lama diberikan pupuk kimia, sehingga banyak mikro organisme tanah banyak yang mati tidak bisa hidup kembali.

“Dengan pupuk organik cair inilah solusinya yang bisa menghidupkan kembali mikro organisme tanah untuk bisa hidup kembali “ kata Ropingi,  saat memberikan paparan di pelatihan.

Di tempat yang sama, Fauzan, pengurus pemuda Ansor mengatakan tujuan diadakannya pelatihan pembuatan pupuk organik cair oleh GP adalah ikut berkontrubusi kepada masyarakat  serta mendorong petani menuju kemandirian pupuk dan pangan.

" Kami Pemuda Ansor Sarirejo ikut berkontrubusi pada masyarakat tani dalam menghadapi keterbatan pupuk, akhirnya mengadakan pelatihan seperti ini"  Tuturnya saat di hubungi lewat watshap pribadinya oleh ustanmandiri.com.

Dan harapan pengurus adanya pelatihan tersebut   bermanfa'at serta membawa berkah untuk kita semua, dan dengan pupuk organik, tanah menjadi subur sehingga hasil pertanian semakin meningkat.

Di samping itu,Ahmad Ropingi, sebagai pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya,  telah memberikan pengetahuan tentang tata cara membuat pupuk organik cair sebagai solusi terbaik  di saat saat keterbatasan pupuk kimia di wilayah wilayah jawa bojonegoro pada umumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar