Senin, 27 Februari 2023

P4S Ustan Mandiri Didik Siswa PKL Berinovasi Buat Pupuk Organik

 

ustanmandiri

Bojonegoro,27 /2/2023. P4S Ustan Mandiri Didik Siswa PKL Berinovasi Buat Pupuk Organik. Kegiatan di minggu ke tiga hari senin, 27  bulan februari 2023,  delapan siswa PKL (praktek kerja lapangan)  sekolah menengah kejuruan SMK Negeri 1 jurusan agribisnis ternak ruminansia, ATR, Kecamatan Sekar, Kabupaten bojonegoro jawa timur, melaksanakan kegiatan membuat pupuk organik dari limbah kotoran ternak.

Pemerintah telah mengurangi jumlah pupuk kimia bersubsidi mengakibatkan para petani sulit mendapatkan pupuk,  kebijakan yang dianggap tidak pro rakyak tersebut menjadikan pelaku usaha peternakan yang mempuyai inovasi dan daya kreatif memanfaatkan limbah peternakan menjadi pupuk kompos dan pupuk organik. 

PKL SMK 1 Sekar, yang bertempat di pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya, P4S Ustan Mandiri bojonegoro, melatih sekaligus mempraktekan dan memproduksi pupuk organik untuk memenuhi kebutuhan para petani disekitarnya.

Sayit, salah satu peserta PKL merasa kaget ketika mendengkarkan penjelasan dari ketua P4S Ustan Mandiri bahwa pengolahan limbah peternakan di ustan mandiri dalam satu tahunnya mampu produksi 12 ton dengan jumlah sapi 15 ekor.

Satu tonya di hargai Rp, 800,000, di P4S Ustan Mandiri, pengolahan limbah peternakan sapi dalam satu tahunya mencapai 12 ton. selama satu tahunya  mendapatkan keuntungan mengolah limbah peternakan  Rp, 9.600.000.

 “ kebanyakan di tempat aku enggak ada yang memproses seperti ini pak “ ungkap Sayit, saat melaksanakan kegiatan permagangan.

Hal ini menjadi peluang besar bagi para siswa yang melakukan PKL setelah permagangan bisa membuka lapangan pekerjaan dengan pengetahuan dari hasil magang. usaha ini sangat cocok di daerah-daerah penghasil bawang merah dan hortikultura seperti wilayah kecamatan Sekar, yang notabenya adalah petani bawang horti.

P4S Ustan Mandiri mendidik dan mencetak para siswa PLK agar supaya kedepanya menjadi pengusaha peternakan yang penuh penuh inovasi di daerahnya masing masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar