Rabu, 22 Februari 2023

10 Desa di Kecamatan Tambakrejo Terjangkit Virus LSD Pada Ternak Rumenansia Besar.

Bojonegoro, 22 /2/2023. 10 Desa di Kecamatan Tambakrejo Terjangkit Virus LSD  Pada Ternak Rumenansia Besar.  virus LSD ( lumpy skin disaases) virus ini disebabkan oleh virus pox, penyebaran virus melalui peratan kandang, jarum suntik yang tidak seteril, juga penyebaran melalui veltor lalat, nyamuk, pinjal dan caplak. 
" Virus LSD ini lebih ganas dan mematikan dibanding virus PMK " Kata Lilik Sulistya, PTP Tambakrejo. " LSD mulai bergeser turun dari tepi hutan pola penyebarannya, saya mohon hati hati para kelompok ternak " Imbuhnya. 
Di tempat lain dr. Indra Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro mengatakan bahwa, virus LSD berkarakteritis dipermukaan  tubuh atau saluran pernafasan yg tidak tahan panas. 
" Bisa jadi karakteristis virus yang di predisikan dipermukaan tubuh atau saluran pernafasan, sebab virus ini tidak tahan panas " ungkapnya saat dihubungi lewat watshap selulernya. 
Di Kecamatan Tambakrejo virus LSD sudah tersebar di Desa Mulyorejo, Sendangrejo, Malingmati, Kalisumber, Tambakrejo, Gamongan, Bakalan, Jawik, Gading dan Pengkol. 
Dari kejadian ini diharapkan pemerintah segera melakukan upaya penyelamatan sapi sapi di daerah yang masih aman untuk segera tervaksin LSD. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar