Jumat, 27 Januari 2023

Inovasi Pakan Ternak, P4S Ustan Mandiri Kerjasama Pemdes Kaliombo Latih 30 Peternak Membuat Pelet

ustan mandiri

Bojonegoro, 26 januari 2023. Inovasi Pakan Ternak, P4S Ustan Mandiri Kerjasama Pemdes Kaliombo Latih 30 Peternak Membuat  Pelet. Tehnologi peternakan di era modern semakin canggih dan efesen bagi pelaku usaha di bidang peternakan. Berbagai alat dan inovasi yang dimiliki sumber daya manusia semakin lebih berkreatif dan inovatif, seperti halnya pelatihan membuat pakan ternak yang dilaksanakan oleh pemerintah desa kaliombo, kecamatan purwosari, kabupaten bojonegoro, jawa timur.

Pemerintah desa yang bekerjasama dengan pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya P4S Ustan Mandiri, membuat pelatihan membuat pakan ternak berbentuk pelet untuk pakan kelinci.

Program mandiri desa tentang ketahanan pangan yang di danai oleh dana desa DD, desa kaliombo mengangkat potensi peternakan kelinci yang berada di dukuh pilangkandang perlu dilestarikan sebagai penambahan ekonomi masyarakat setempat.

Sejumlah 30 peternak kelinci, kamis,  26 / 1 / 23, telah di latih cara proses membuat pakan ternak berbentuk pelet, dalam pelaksaan pelatihan tersebut dipusatkan di balai desa.

Pelatihan kerjasama dengan  P4S Ustan Mandiri tersebuat membuahkan hasil yang maksimal membuat pelet  dengan bahan limbah pertanian lokal.

Sekretaris desa, Purwanto, merasa puas dengan antusia peserta dalam mengikuti pelatihan , menurutnya akan dilakukan pelatihan- pelatihan lagi untuk menambah pengetahuan para peternak, tidak hanya peternakan kelinci, peternakan sapi juga akan di adakan pelatihan yang sama dengan menggunakan  anggaran dana desa di tahun 2023.

Muhammad ali, selaku ketua P4S Ustan Mandiri menjelaskan kepada para peserta bahwa, membuat pakan pelet bahanya sama dengan membuat konsentrat,  ” Sebenarnya membuat pakan pelet itu bahan hampir sama dengan membuat kosentrat “ tuturnya saat memberikan materi pelatihan.

Serat, karbohidrat dan protein adalah sebagai sebagai bahan utama pembuatan pelet dan ditambah bahan yang mengandung energi, dengan di campuri dengan sedikit hijauan agar warna bih kehijauan dan kandungan pelet tersebut menjadi lengkap.

 Dalam pelaksanaan pelatihan, pemerintah desa juga membagikan bantuan lima unid mesin pelet yang diserahkan kepada kelompok ternak “ Pemuda Nusantara “ di pengujung pelatihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar