Jumat, 23 Desember 2022

Uji Performens Pedet Baru Lahir Keturunan Pogasi di Wilsumbit Bojonegoro

ustan mandiri  sapi PO

Bojonegoro, 23/12/22.Uji Performens Pedet Baru Lahir Keturunan Pogasi di Wilsumbit Bojonegoro. Pedet Betina keturunan Pogasi dengan pejantan kode eartag 16/68 dengat berat badan 26,5 kg, tinggi badan 71 cm, pajang badan 58 cm dan lingkar dada 67 cm, lahir di KTT Ustan Mandiri Dolokgede, Tambakrejo Bojonegoro Jawa Timur dini hari lahir 23 desember 2022.

Indukan yang di kawinkan secara alami pada tanggal, 1 bulan april 2022 dengan pejantan Pogasi kini berhasil dilahirkan dengan normal tanpa bantuan dari tangan peternak maupun petugas.

Kelompok tani ternak KTT Ustan Mandiri  selalu menerapkan anjuran sesuai setandar operasional prosedur SOP,  beternak yang baik dan benar untuk pembibitan dari loka penelitian sapi potong LOLIT adalah sistem umbaran/kandang lepas.

Banyak manfaat dan keuntungan besar, serta mengurangi resiko tinggi beternak sapi dengan sistem pembibitan, memakai kandang lepas selain sapi sehat Reproduksi betina juga terjaga dan juga mempermudah kelahiran pedet secara alami.

selain SOP yang harus di taati serta dilaksanakan oleh para kelompok binaan, LOLIT juga mewajibkan semua pedet yang lahir dari sapi Pogasi maupun keturunannya, peternak wajib melaksanakan uji performans yakni pengukuruna dan penimbangan pedet secara detail dan rinci.

Data pengukurun sebagai data rekording ternak, agar sapi-sapi pogasi dan keturunanya tidak terjadi in breeding atau perkawinan sedarah.

Di LOLIT, perkawinan sedarah tidak di perbolehkan dan di awasi secara ketat,  karena perkawinan sedarah  akan merusak Genetic sapi pogasi dan mengakibatkan penurunan dan pengerdilan di postur tubuh pedet itu sendiri.

Sebagai kawasan wilayah sumber bibit sapi PO Bojonegoro, Kecamatan Tambakrejo, adalah satu satunya kawasan kelompok peternak binaan LOLIT Grati Pasuruan untuk membenahi flasmanuftah genetic sapi PO di jawa timur.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar