Rabu, 14 Desember 2022

11 Personil Laskar Pemuda Ngraho Belajar Pakan Ternak di P4S Ustan Mandir

Pelatihan ternak

Bojonegoro,14 desember 2022.     11 Personil Laskar Pemuda Ngraho Belajar Pakan Ternak di P4S Ustan Mandiri. Banyaknya limbah pertanian berupa jagung ,kacang ijo, dan jerami padi,  Laskar Pemuda desa Nganti Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro melakukan pelatihan pakan ternak dan pengolahan limbah peternakan.

Ketua Laskar Pemuda, Fatkur Rohman, mengatakan bahwa pemuda-pemuda desa Nganti perlu berinovasi dan berkreasi menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan banyaknya potensi yang ada di desa, “ Pemuda -pemuda yang tergabung dalam Laskar Pemuda ini saya harapkan bisa membuat inofasi pakan ternak dari limbah peranian yang ada di sekitar desa “ ungkapnya saat menjelaskan tujuan pelatihan di sekretariat P4S ( pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya) Ustan Mandiri Dolokgede Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa timur.

Dalam pelatihan pakan ternak dan pengolahan limbah peternakan,  P4S Ustan Mandiri memberikan materi dan praktek membuat kosentrat dan membuat pupuk kompos sesuai permintaan yang di ajukan satu minggu yang lalu.

Di tempat yang sama salah satu anggota laskar pemuda, Karim Ashar, menambahkan, “ Pelatihan ini di laksanakan untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk kimia pada masyarakat petani, oleh karena itu kami meminta P4S Ustan Mandiri melatih membuat pupuk kompos “ ujarnya saat season  diskusi bersama.

Di sela- sela pelatihan, ketua P4S, Muhammad ali, untuk menciptakan lapangan pekerjaan melalui komunitas maupun kelompok di butuhkan jiwa jiwa sosial dari sebuah komunitas dan jiwa  pemberdaya, “ Untuk mewujudkan terciptanya lapangan pekerjaan di sebuah komunitas atau kelompok di butuhkan jiwa sosial dan pemberdaya “ jelasnya saat memberikan motofasi dalam pelaksanaan pelatihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar