Minggu, 11 Desember 2022

P4S Ustan Mandiri Bojonegoro Latih BUMDes Ngampel Manyar Gresik Buat Pakan Ternak

 

pelatihan peternakan

P4S Ustan Mandiri Bojonegoro Latih BUMDes Ngampel Manyar Gresik Buat Pakan Ternak. Pelatihan budidaya ternak kambing domba dan sapi yang dilaksanakan oleh pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya ustan mandiri,  desa dolokgede kecamatan tambakrejo, kabupaten bojonegoro jawa timur, adalah  sesuai permintaan pemerintah desa ngampel kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, dalam rangka mengembangkan  usaha baru milik desa.

Muhammad ali, selaku ketua P4S Ustan Mandiri merasa tidak keberatan permohonan untuk melatih 20 peserta dari pengurus BUDes beserta pengelola, dalam pelaksanaa pelatihan tema yang di usung sesai potensi desa yakni  membuat pakan ternak.

pelatihan yang di gelar pada dini hari Minggu 11, desember 2022 bertempat di sekretariat P4S dolokgede tambakrejo bojonegoro.

Dalam penyampaian materi Ali, menuturkan pengembangan usaha peternakan, peternak  wajib mengusai tentang  ilmu manajemen pasar maupun pakan ternak, “ kunci sukses usaha peternakan adalah pasar, pakan,kandang dan perawatan ternak “ ungkapnya saat pemaparan materi pelatihan budidaya ternak kambing domba dan sapi.

Di tempat yang sama, pengurus BUMDes Ngapel, Widarti mengatakan  “ Bahan pakan hijauan berupat serat saat ini  sangat melimpah, tetapi pengelola belum mampu dan belum bisa mengolah pakan ternak untuk diawetkan  “ ujarnya saat menyampaikan rencana buka usaha baru milik BUMDes di awal pembukaan pelatihan.

Dari 20 peserta pelatihan notabenya adalah peternak pemula, oleh karena itu  P4S Ustan Mandiri memberikan materi dasar beternak mulai dari budidaya, perawatan, pemilihan bibit dan pakan ternak. 

Kepala Desa Ngampel, H.Ali Mnasur,  berharap setelah pelatihan peternakan yang telah di laksanakan oleh pemerintah desa Ngampel bisa menjadi semangat baru bagi pengelola bumdes untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha-usaha badan usaha milik desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar