Minggu, 11 Desember 2022

P4S Buana Lestari Nganjuk Lakukan Uji Coba dan Pelatihan “Aplikasi Irigasi Cerdas”

 

pelatiahan pertanaian

Nganjuk, 10 Agustus 2022  P4S Buana Lestari Nganjuk Lakukan Uji Coba dan Pelatihan “Aplikasi Irigasi Cerdas”  Dalam rangka kegiatan Dosen Pulang Kampung, Program Pengabdian kepada Masyarakat LPPM IPB University, pada tanggal 10 Agustus 2022 telah dilakukan Pelatihan Aplikasi Irigasi Cerdas (Smart Irrigation) di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya P4S Buana Lestari  Desa Betet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebagai upaya introduksi salah satu inovasi irigasi, pelatihan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta petani dan PPL setempat dengan sangat antusias. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan menjelaskan kepada petani manfaat dari aplikasi irigasi cerdas, diantaranya hemat air, hemat nutrisi, hemat energi, hemat tenaga kerja, dan hemat biaya irigasi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan usaha tani.

“Ini adalah irigasi masa depan”,  ujar  Saikhu, ketua P4S Buana Lestari, saat berada di  green house budidaya tanaman melon.  Di tempat yang sama , Asrori, penanggung jawab green house menjelaskan bahwa dengan metode aplikasi irigasi cerdas ini petani lebih hemat air. “Saya yakin penggunaan air dan nutrisi akan jauh lebih hemat , ” ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan pelatihan, LPPM IPB University Bersama dengan P4S Buana Lestari melakukan uji coba pemasangan instalasi system sensor dan system kendali pada budidaya melon secara hidroponik dalam sebuah rumah kaca (green house). Instalasi sensor dan system control ini untuk mengatur dan mengukur jadwal irigasi (irrigation scheduling) sesuai kebutuhan tanaman secara presisi. Melalui penerapan irigasi cerdas ini, air irigasi diberikan tepat waktu dan tepat jumlah, dengan system kendali yg lebih mudah dan dapat dilakukan dari jarak jauh (berbasis internet). Instalasi uji coba ini disiapkan sekaligus sebagai bahan praktikum petani peserta pelatihan.

Sebanyak 3 (tiga) dosen telah berperan serta sebagai instruktur/fasilitator dalam pelatihan ini. Dua orang dosen dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FATETA (Dr Prastowo dan Dr Satyanto) serta satu orang dosen dari Departemen Proteksi Tanaman FAPERTA (Ir. Bonjok Istiaji, MSi), IPB University. Selain dosen, juga ikut berpartisipasi dua orang mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (Alvian dan Rabbani). Sesuai dengan topik pelatihan, materi yang disampaikan meliputi kapita selekta teknik irigasi, mengenal hidroponik, perencanaan jadwal irigasi, on-demand irrigation dan irigasi otomatis. Pelatihan diakhiri dengan kegiatan praktikum, untuk mengamati dan mempraktekkan secara langsung operasi irigasi otomatis, dengan menggunakan instrument sensor dan system kendali yang telah terpasang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar