Rabu, 20 Juli 2022

Ciptakan Lapangan Kerja, Disperinaker Gandeng P4S Gading Latih 20 Pemuda Peternak Manfaatkan Limbah Pertanian

ustan mandiri

 Bojonegoro,20/7/2022. Ciptakan Lapangan Kerja, Disperinaker Gandeng P4S Gading Latih 20 Pemuda Peternak Manfaatkan Limbah Pertanian.   Dinas ketenaga kerjaan kabupaten bojonegoro jawa timur, gandeng Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan swadaya P4S, melatih 20 pemuda desa bareng kecamatan sekar memanfaatkan limbah pertanian untuk pakan ternak.

Salah satu kecamatan di wilayah kabupaten bojonegoro penghasil jagung terbesar jawa timur tak lepas dari sorotan peluang pekerjaan baru dari Dinas Perindustrian dan tenaga kerja, tak lain adalah limbah pemanfaatan limbah tanaman  jagung yang begitu besar sebagai sampah dan di bakar begitu saja oleh para petani sekitar.

Dari hasil surfai tersebut, disperinaker bekerjasama denga P4S Gading adakan pelatihan bagi para pemuda yang mempunyai usaha peternakan di wilayah sekitar untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru berupa produksi pakan ternak dengan memanfaatkan limbah pertanian yang ada.

Pelatihan yang di buka langsung  oleh Ibu Bupati “Ana Muawanah “ secara virtual di hari pertama berlangsung di balai desa bareng Kecamatan Sekar. Pelatihan direncanakan akan dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 19 – 21 juni 2022.

Selaku pelaksana pelatihan P4S Gading yang dipimpin oleh kristianingsih berkolaborasi dengan P4S yang lain di antaranya adalah P4S Ustan Mandiri dan P4S Agri Prima Mandiri sebagai Narasumber sekaligus Instruktur peternakan.

Menurut’ Kristianingsih, untuk saling memberdayakan  serta meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia antar P4S serta pelaku produksi pertanian dan peternakan, P4S gading berkolaborasi dengan P4S di bojonegoro yang berkompeten.

Kepada Dinas perindustrian dan tenaga kerja, Willy Fitrama S.STP.,MM  mengatakan, kegiatan ini mendukung salah satu Program Ibu Bupati Bojonegoro untuk menciptan 1000 pekerjaan melalui penumbuhan wirausaha baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar