Selasa, 07 Juni 2022

Keluhkan Hama Penyakit Tanaman, P4S Alam Sejahtera Bojonegoro Buka sekolah Lapang Budidaya Tanam Sehat

 

ustanmandiri.com

Bojonegoro, 7 juni 2022. Keluhkan Hama Penyakit Tanaman, P4S Alam Sejahtera Bojonegoro Buka sekolah Lapang Budidaya Tanam Sehat. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya P4S Alam Sejahtera Bojonegoro adakan pelatihan penangan dan budidaya tanam sehat di Desa Nganti. Kecamatan, Ngraho, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Banyaknya keluhan petani tentang hama penyakit tanaman, Pemerintah desa melakukan sonding dengan lembanga pelatihan yang sudah ahli membidangi masalah pelatihan dan penanganan serta  pengetahuan cara bertani yang baik dan sehat.

Dengan kejadian tersebut, Kades Nganti, Mariyadi, meminta kepada lembaga pusat pelatihan pertanian dan perdesaa swadaya  “ P4S Alam Sejahtera” untuk mendampingi serta memberikan pelatihan penanganan dan pemupukan tanaman yang sehat dan tepat pada warganya.

Selain hama yg menjadi gendala gagalnya panen di desanya, ketersediaan pupuk kimia juga sangat sulit didapatkan.

Menurut, Ahmad Ropingi , Ketua P4S Alam Sejahtera, lahan pertanian di desa tersebut perlu adanya  pembenaha terlebih dahulu sebelum di tanami, “ Lahan ini perlu kita benahi terlebih dahulu sebelum kita tanami “katanya saat memberikan penjelasan kepada peserta sekolah lapang.

Dalam pertemuan sekolah lapang tersebut, 33 peserta diberikan teknis penanaman dan pemupukan berbagai jenis, seperti teknologi pemupukan dengan menggunakan kompos sebanyak 2ton/ha, serta pupuk kimia sebanyak 50 kg urea dan 50 kg phonska, yg diikuti aplikasi Agen hayati , diantaranya Decomposer , PGPR yang selalu mengikuti agar tanaman menjadi sehat.

Dengan adanya sekolah lapang tersebut, Pemerintah Desa Nganti, memberikan sebidang tanah sebagai demplot sekolah lapang para warga tani untuk ikut belajar budidaya tanaman sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar