Rabu, 11 Mei 2022

Waspada PMK ' PTP Disnakkan Bojonegoro Bersama Polsek Tambakrejo Lakukan Antisipasi dan Pecegahan di Pasar Hewan Sukorejo

 

ustanmandiri

Tambakrejo,11 mei 2022.  Waspada PMK ' PTP Disnakkan Bojonegoro Bersama Polsek Tambakrejo Lakukan Antisipasi dan Pecegahan di Pasar Hewan Sukorejo.  Petugas Teknis Peternakan (PTP) Kecamatan Tambakrejo kerjsama dengan kepolisian sektor setempat, memantau dan memeriksa beberapa kambing domba di pasar hewan  Desa Sukorejo / taji, Tambakrejo Bojonegoro jawa timur dini hari. Dalam pemantauan tersebut petugas memastikan bahwa penyakit mulut dan kuku PMK tidak ada di wilayahnya.

Untuk mengatisipasi penyakit yang menular dan terkogolong akut serta cepat penularanya ini, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro beesinergi dengan pihak keamanan Polsek setempat untuk mensosialisakan dan memantau kedatangan hewan ternak dari luar daerah.

Lilik Sulistya PTP ( petugas teknis peternakan) kecamatan tambakrejo menuturkan, bahwa semua peternak di wilayah sumber bibit sapi PO  Tambakrejo tetap waspada dengan adanya penyebaran PMK di beberapa wilayah di jawa timur akhir akhir ini. "  Semoga masyarakat berhati hati dan lebih proteksi terhadap  ternak dari luar daerah, karena PMK sangat merugikan bagi ekonomi peternak dan penyebarannya sangat cepat" ungkapnya, saat pemeriksaan di pasar hewan taji pagi tadi.

Berdasarkan surat edaran Gubenur jawa timur Nomor 524.3/5201/122.3/2022 bahwa laporan kejadian penyakit menular akut pada ternak  penyakit mulut dan kuku (PMK) di jawa timur yakni di Kabupaten Gersik,Lamongan,Sidoarjo dan Mojokerto, oleh karena itu Drh. Sugiharti Sri Rahayu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan PPHNak Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro menghimbau dan melakukan pencegahan serta pemantauan hewan ternak yang masuk dari luar daerah. 

" Karena Bojonegoro berdekatan dengan wilayah di temukan PMK maka kita melakukan pencegahan dan pemantauan di pasar pasar hewan guna mengantisipasi terjadinya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak" tandasnya, saat di hubungi Ustan Mandiri lewat seluler pribadinya.

Belia juga berpesan kepada selur peternak di wilayah bojonegoro terutama di perbatasan bojonegoro timur untuk lebih waspada, dan apa bila peternak menemukan tanda tanda penyakit yang menyerupai dengan PMK segera menghubungi Petugas Kesehatan hewan Dinas Peternakan dan Perikanan setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar