Rabu, 27 April 2022

Begini Cara PTP Disnakan Bojonegoro Tangani Endomitritis Sapi Betinan yang Kawin Berulang

 

ustan mandiri


Bojonegoro, 27 april 2022. Begini Cara PTP Disnakan Bojonegoro Tangani Endomitritis Sapi Betinan yang Kawin Berulang.
  Petugas Teknis Peternakan PTP Dinas peternakan dan perikanan kabupaten,bojonegoro, jawa timur, melakukan pelayanan kepada peternak wilayah sumber bibit dengan sekil dan teruji sesuai keahlihanya.

Edometritis sebagai penyakit yang sering terjadi di sapi- sapi pembibit, seperti yang menimpa sapi indukan POGASI Ustan Mandiri .  Penyakit tersebut banyak terjadi karena  infeksi pada mukosa urteri yg disebabkan oleh bakteri, sifatnya ringan, terjadinya endometritis sering terjadi karena manajemen setelah melahirkan  kurang  bagus, plasenta tdk keluar atau pada waktu IB.

Bila hal ini terus dibiarin, sapi indukan selamanya tidak akan bisa dibuahi oleh penjantan atau oleh inseminator, sebab penyakit edometritis sama halnya dengan virus yang dapat membunuh seperma yang masuk, sehingga seperma mati sebelum bertemu dengan sel telor.

Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan pelayanan lewat PTP yang bertugas di wilayah sumber bibit segera melakukan tindakan agar peternak pembibit tidak mengalami kemunduran target populasi.

Dengan cara di sepul memasukan obat cairan povidon iodin sesuwai dengan dosis ajuran dokter hewan, dengan cara ini sama halnya dengan kiret pada manusia.

PTP Tambakrejo, Lilik Sulistya, menyebutkan bahwa sapi betina yang sdh kawin lebih dari 3x perlu di perikasa pada reproduksinya, dari pemeriksaan tersebut petugas teknis peternakan sudah dapat menganalisa bersama dokter hewan untuk menentukan langkah – langkah penangan yang selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar