Rabu, 20 April 2022

Bojonegoro Menjadi Sentral Kawasan Sapi PO Se Jawa Timur


 

Bojonegoro,20 april 2022. Bojonegoro Menjadi Sentral Kawasan Sapi PO Se Jawa Timur. Menjadi sentral kawasan tidaklah mudah dan gampang 12 tahun sejak di tetapkan sebagai wilayah sumber bibit sapi PO oleh Kementrian Pertanian tahun 2010.

Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan jumlah populasi terbesar sapi PO di wilayah tersebut, budaya lingkungan serta kearifan lokal yakni budaya melestarikan sapi peranakan ongole /PO masih berjalan dari nenek moyang di kawasan tersebut.

Kusdiarto, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa bojonegoro adalah satu satunya kabupaten yang menjadi sentral kawasan sapi PO di jawa timur, “ Bojonegoro ini satu satunya kabupaten yang masih mempertahankan flasmanuftah sapi PO sampai sekarang, sehingga menjadi  sentral kawasan bibit sapi PO jawa timur” pungkasnya saat memberikan keterangan di monitoring dan verifikasi Lolit sapi.

Menurut Disnakkan Jatim bidang perbibitan pakan dan produksi ternak BP4, sebagai wilayah sumber bibit harus jelas asal usul bibit, di lakukanya recording oleh peternak dengan benar serta di lakannya ujiperformans dan pendung pendukung lain sebagai syarat layak bibit.

Harapan dinas peternakan jawa timur, dengan adanya pelestarian wilayah sumber bibit sapi PO yang berada di bojonegoro, semoga usaha tersebut menjadi usaha yang kongkrit menguntungkan bagi para peternak serta keberlanjutan sebagai wilayah layak bibit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar