Manfaat Rumput Setia Bagi Sapi Betina Produktif


Ustanmandiri.com       Kelompok tani ternak yang satu-satunya di Desa Dolokgede telah membudidayakan tanaman hijauan pakan ternak, yang mana tanaman tersebut  menjadi pakan utama mereka karena kelompok ini berternak dengan sistem pembibitan.

Rumput Setia Banyak di Budidayakan di Desa Dolokgede

Rumput setia yang paling banyak dikembangkan dan dibudidayakan masyarakat ternak adalah sebagai terobosan paling bagus dalam beternak sapi betina guna mempertahankan kesuburan reproduksi sapi indukan tersebut.

Rumput jenis ini memiliki kadar protein sekitar 11% lebih tinggi dari pada rumput lapang yang hanya 7%, maka rumput berjenis setia lebih bagus untuk sapi indukan.

Di kelompok tani ternak ustan mandiri jumlah gangguan reproduksi pada sapi betina sangatlah sedikit jumlahnya ,itu semua dikarenakan pemberian  pakan yang berkuwalitas dan juga rumput yg sangat segar serta bernutrisi tinggi sehingga reproduksi betina menjadi subur.

Dari hal tersebut petani ternak mendapatkan peluar besar untuk lebih meningkatkan populasi ternaknya, dengan sistem berikut sangat praktis serta memudahkan peternak dalam mengelola peternakan.

Kuci keberhasilan suatu peternakan adalah di pakan, apabila pakan sudah terpenuhi maka amanlah  peternakan itu dari  kerugian. 

Kelompok ustan mandiri sebagian besar anggotanya beternak dengan sistem Breeding/peranakan , sistem ini sangat cocok dikembangkan karena kebutuhan hijauan dapat terpenuhi dan tidak membutuhkan modal yang besar untuk pakan disetiap harinya seperti halnya peternakan Feetening/penggemukan.

Komentar

Postingan Populer