Budidaya Rumput Setia Untuk Pakan Sapi di Desa Dolokgede


Ustanmandiri.com     Musim kemarau akan datang sebentar lagi, jika mengikuti musim normal maka di prediksi musim kemarau akan jatuh pada bulan Mei hingga Oktober. Lalu apa hubunganya dengan budidaya rumput gajah?
 
Pengembangan Budidaya Rumput Gajah Setia di Lahan Ustan Mandiri

Rumput gajah membutuhkan waktu 45 hari agar bisa di panen dan dijadikan pakan ternak sapi. Waktu sekitar satu bulan setengah tersebut akan efektif jika rumput gajah cukup  air dan nutrisi. Oleh karena itu jika musim kemarau di mulai penanaman kemungkinan besar akan menghadapi kegagalan.

Bulan Maret menurut prediksi adalah bulan yang masih banyak turun hujan apabila penanaman rumput dilakukan pada bulan tersebut maka rumput akan dapat langsung tumbuh dengan baik.
Jika penanaman di lakukan pada bulan Mei seperti yang dilakukan oleh ustan mandiri, Desa Dolokgede maka penanaman seperti ini harus ekstra dilakukan penyiraman yang cukup.

Di ustan mandiri penanaman rumput tersebut setiap satu minggu sekali dilakukan penyiraman agar pertumbuhan rumput dapat maksimal dengan baik.
Jika anda memiliki lahan yang kurang produktif, rumput gajah bisa dijadikan alternatif agar lahan yang tidak produktif tersebut menjadi produktif. Berikut akan diuraikan budidaya rumput gajah untuk budidaya.

Sebelum kita mulai membudidayakan rumput gajah, alangkah baiknya kita kenal terlebih dahulu apa itu rumput gajah itu. Rumput Gajah (pennisetum purpureum) adalah rumput berukuran besar dan mengandung nutrisi tinggi, biasanya dipakai sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing atau gajah. Ketahanan rumput gajah dari cuaca panas adalah kelebihan yang jarang di dapat dari tanaman sejenis lain.

Sebenarnya ada beberapa jenis rumput gajah, namun secara umum kita dapat melihat morfologi rumput gajah sebagai berikut : Rumput gajah tumbuh tegak lurus, tinggi tanaman dapat mencapai 3 meter, berbatang tebal dan keras, daun panjang, dan berbunga seperti es lilin.


Kandungan gizi rumput gajah terdiri dari 19,9% bahan kering; 10,2 % protein kasar; 1,6% lemak; 34%,2 serat kasar; 11,7% abu. Kandungan ini akan sangat dibutuhkan oleh ternak ruminansia seperti sapi atau kerbau.
Rumput Gajah membutuhkan Sinar matahari penuh atau minimal 40%. Rumput ini dapat tumbuh di daerah dengan miskin nutrisi.

Komentar

Postingan Populer