DAMPAK PROGRAM DARI PERTAMINA EP DI MASYARAKAT TIUNG BIRU

Pujiono Desa Kalisumber Rt 10
Dapak dari program pemberdayaan yang di lakukan oleh Pertamina Ep Cepu kerjasama dengan Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan LPKP malang jawa timur mulai terlihat di kalangan masyarakat desa kalisumber kecamatan tambakrejo.

Salah satu Pujiono 42 th asal desa kalisumber rt 10 telah berhasih mengembangbiakan kambing jawa randu secara alami dan juga penggemukan domba ekor tipis di desa kalisumber.
Empat tahun yang lalu penduduk desa kalisumber belum ada peternak yang secara higenis dan moderen, begitu LPKP datang dengan membawa program peternakan kambing dan domba barulah desa tersebut sedikit demi sedikit berubah peternaknya dalam mengelola ternak kambing dan dombanya.

Salah satu contoh yang dapat dibuat percontohan di masyarakat adalah Pujiono, bapak satu anak tersebut mempnyai kandang kambing satu unid dengan kapasitas 12 ekor dan kandang domba 20 ekor untuk di buat sebagai kandang percontohan masyarakat desa kalisumber.

Tidak hanya kandang yang standar tetapi Pujiono juga mempunyai metode pakan untuk penggemukan domba dengan cara di fermentasi sama halnya yg telah di ajarkan oleh LPKP empat tahun lalu.
Kandang tersebut berencana akan dibuat sebagai kandang penuh kreasi dan juga insfirasi kelompok untuk membuat inovasi yg menjadi aicon desa kalisumber.

Komentar

Postingan Populer