USTAN MANDIRI BERBAGAI TERNAK DOMBA KE MASYARAKAT DOLOKGEDE


Kelompok Ustan Mandiri Berbagi ternak ke masyarakat dolokgede.
Lagi-lagi ustan mandiri kelompok masyarakat yang bergerak di bidang tani ternak yang berada di desa dolokgede kecamatan tambakrejo ini berbagi ternaknya kepada masyarakat dolokgede.
Kali ini yang kedua kalinya kegiatan yang di lakukan oleh kelompok dalam melaksanakan program  program pemberdayaan masyarakat melalui peternakan domba oleh Universitas Gadja Mada Yogyakarta (UGM).

Kelompok berkomitmen dalam melaksanakan Program yang telah di sepakati bersama pada tahun 2015 lalu yakni penerima bantuan kelompok jika sudah beranak 2x dengan usia anaknya 4 bulan berkewajiban berbagi kepada yang lain.
Dalam rangka mewujudkan kampung ternak di dolokgede, kelompok tani ternak Ustan Mandiri membuat aturan kelompok yang telah di sepakati bersama yakni berbagi ternak agar populasi ternak bisa cepat meningkat serta percepatan ekonomi masyarakat pun meningkat.

Ketua kelompok Muhammad ali bersama  Ali Safii, anggota kelompok telah melakukan kegiatan  berbagi ternak kepada masyarakat di Rt 03 satu ekor domba betina lokal, kepada Ibu Sri Asih dolokgede.

Bantuan kelompok berupa 37 domba ekor tipis yang telah di berikan oleh UGM Yogyakarta tahun 2015 yang lalu, sekarang sudah meningkat populasinya menjadi 90 ekor.
Tidak hanya ternaknya saja yang bisa berkembang pesat tetapi kandang percontohanpun ikut berkembang di tiap-tiap Rt.

Ada 7 kandang percontohan masyarakat yang berkapasitar isi 20 hingga 30 ekor domba di kelompok ternak ustan mandiri serta 10 unid kandang sekala rumah tangga yang memang di buat untuk contoh kepada peternak yang berada di sekitar desa dolokgede.

Komentar

Postingan Populer