USTAN MANDIRI BERKUNJUNG DI KANDANG BHUMI NARAYA FRAM SLEMAN YOGYAKARTA


kelompok ternak ustan mandiri besama 2 kelompok yang lain berkunjung di Bhumi Nararia Fram
Kegiatan yang di lakukan oleh Universitas Gadja Mada Yogyakarta bersama kelompok ternak binaan study banding di kandang Bhumi Naraya Fram di kec.Turi Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang di ikuti 3 kelompok ternak di sekitar Dolokgede berkunjung di kandang bhumi nararia fram, kegiatan  yang di kemas dalam sebuah program study banding kelompok ternak kambing domba  binaan UGM kerjasama Pertamina.

Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Indonesia PT Pertamina mengeluarkan dana CSR melalui pengembangbiakan domba ekor tipis di wilayah kerja Pertamina PEPC di bojonegoro.melalui Universitas Gadja Mada Yogyakarta memberdayakan kelompok masyarakat di bidang peternakan.

Melihat beberapa potensi yang pernah di mepping oleh mahasiswa KKN UGM di beberapa desa di wilayah kerja Pertamina salah satunya adalah desa dolokgede kec. Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

Desa Dolokgede sangat berpotensi di bidang Peterkan domba dan kambing, sehingga program ini sangat di butuhkan oleh masyarakat Dolokgede dan sekitarnya.  populasi domba yang di himpun KKN tahun 2014 - 2015 lewat sensus ternak jumlah populasi domba ekor tipis kuang lebih 1.200 ekor.

Dari data tersebut menjadi acuan oleh UGM untuk di ajukan diLPPM untuk di tindak lanjuti dan juga perlu di bantu agar masyarakat bisa berdaya sehingga masyarakat bisa makmur dan sejahtera.

Ustan Mandiri yang telah berdiri sejak tanggal 16 Desember 2012 yang berawal anggotanya 6 orang hingga kini telah meningkat menjadi 67 orang.
di kandang Bhumi Nararia fram Ustan Mandiri


Kelompok ternak yang satu satunya di desa dolokgede ini menjadi kelompok percontohan di sekitar desa dolokgede, pelatihan terus menerus untuk mencetak agar pengurus yang handal dalam beternak .
pilihan untuk belajar bersama oleh UGM ustan mandiri bersama 2 kelompok ternak yang lain berstudy bandi di kandang Bhumi Nararia Fram untuk mengetahui langsung cara beternak dengan sekala besar.

Dari beberapa materi yang di sampaikan oleh Dr.Agung Fakultas Peternakan UGM peternak di haruskan mampu untuk mengatasi persoalan-persoalan yang mengenai kesehatan dan perawatan kambing domba secara profesional.

Bantuan yang di kucurkan oleh PT Pertamina dengan dana CSR nya dalam bentuk Hewan ternak 99 ekor domba ekor tipis untuk binaan UGM.

Komentar

Postingan Populer