CARA MEMBUAT BERGER PAKAN DOMBA


ketua kelompok tani ternak Ustan Mandiri membuat Berger pakan Domba
Musim kemarau yang sering di jadikan alasan  tiap peternak  dalam mencari pakan ruminansia kususnya di daerah Bojonegoro dan sekitarnya. tanaman yang biasa di tanam di ladang maupun sawah kini mulai mengering semua, mata airpun juga mulai sulit tuk keluar sehingga para peternak menjual ternaknya untuk membeli pakan.

Dari problema di atas menjadi inspirasi bagi kelompok tani ternak " Ustan Mandiri" untuk membuat pakan alternatif  menghadapi musim kemarau  panjang yang menjadikan para peternak Galau.

Muhammad ali ketua kelompok tani ternak" Ustan Mandiri"berbagi ilmu cara membuat  Berger pakan domba  yang menjadi pakan alternatif bagi peternak. Bagi yang berada di wilayah kering untuk menggunakan pakan berger harus mengetahui cara membuatnya dan komposisinya agar tak menurangi nutrisi yang ada di dalamnya sehingga kambing domba tetap sehat dan gemuk.

Bahan pakan yang di buat Berger  kelompok tani ternak Ustan Mandiri berupa rumput rumput kering,dedak/katul,ampas tahu,garam,molase,probiotik,mineral mix,dan air. untuk membuat pakan burger ini dengan cara rumput kering di rajang dengan ukuran maksil 1 centi meter kemudian di aduk sama katul, ampas tahu setelah tercampur merata, siapkan ember di isi air larutkan molase dan garam kemudian di kasih probiotik dan di aduk.

Rumput yang sudah di aduk sama katul tersebut di siram air yang sudah tercampur molase kemudian di aduk hingga merata, setelah merata lalu di masukan ke dalam drum plastik dan di padatkan terlebih dahulu  sebelu di tutup rapat,dengan tujuan agar udara tidak dapat masuk kedalamnya, tapi perlu di ingat bahwa pakan berger tidak boleh kelebihan air biar tidak menjadi busuk.

Burger siap disajikan kepada domba setelah 7 hari dari penyimpanan yang kedap udara. Pakan burger akan berbau harum dan wangi apabila cara meraciknya benar dan tidak bocor dari tempat penyimpananya. jika berbau busuk berarti pakan tersebut mengalami ke bocoran sehingga memgakibatkan tumbuhnya bakteri yang mengakibatkan tumbuhnya jamur.

komposisi pakan :
70  kg  rumput kering
20  kg  katul
10  kg  ampas tahu
1    kg  garam
100 ml Probiotik
1    liter molase
Air  secukupnya.

Selamat mencoba.




Komentar

Postingan Populer