4 KELOMPOK BINAAN USTAN MANDIRI DI BOJONEGORO BARAT


Pertemuan rutin yang di lakukan kelompok ternak Rukun makmur Kalisumber
Sebuah desa yang teretak di tengah-tengah wilayah kecamatan tambakrejo, yang mana desa tersebut di juluki kawasan "Tiung Biru" Blok Cepu, kegiatan penambang sumber alam yang di lakukan PT Pertamina Ep cepu ini telah menjadi aicon desa Kalisumber.

Melihat kegiatan-kegiatan yang di lakukan para pekerja perusahaan tak ada henti-hentinya, hal ini juga sama kegiatan -kegiatan yg di lakukan oleh para warga masyarakat di sekitar pengeboran.
Beternak adalah menjadi pilihan satu- satunya yang menjadi sumber penambahan ekonomi bagi warga desa kalisumber.

Kelompok peternak Rukun Makmur, yang mempunyai impian besar dalam mewujudkan percontohannya di hadapan masyarakat sekir bahwa  beternak juga bisa mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari tanpa menggatungkan pekerjaan dari orang lain.

kegiatan yang di lakukan tanggal 19 hari sabtu september 2015 kemarin, kelompok mengajak kepada semua anggota mengadakan pertemuan rutin yang bertujuan membahas tentang perkembangan- perkembangan kelompok dalam melakukan kegiatan.
pembuatan kandang percontohan kelompok Rukun Makmur

Kelompok yang terbentuk 3 bulan yang lalu ini tak lepas dari binaan Kelompok peternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede, ketua kelompok ustan mandiri Muhammad ali  menjelaskan kepada anggota kelompok Rukun Makmur bahwa, kecamatan Tambakrejo telah menjadi daerah kawasan ternak di wilayah  Kabupaten Bojonegoro.

Ustan Mandiri tercatat sudah mempunyai binaan 4 kelompok peternak di wilayah Bojonegoro barat yakni, kelompok ternak " Sumber Harapan" Desa Payaman Kec. Ngraho, kelompok peternak "Rukun Makmur" Desa kalisumber Kec. Tambakrejo,kelompok ternak " Surya Abadi" kec. Tambakrejo dan" Karya Bhakti" Desa Ngasem Kecamatan Ngasem.

Kelompok peternak binaan Ustan Mandiri berdiri bukan untuk mencari cari bantuan dari pihak lain, tetapi berdiri untuk membentuk jaringan antar  kelompok peternak dalam menghadapi problema di peternakan. Misal: Desa payaman adalah desa penghasil kedelai terbesar di kecamatan Ngraho, jadi bagi kelompok peternak yang menjadi binaan bisa saling mengisi  satu sama lain.

Untuk wilayah Tambakrejo potensinya adalah dedak/katul  limbah gabah giling padi terbesar di  desa Bakalan kawasan ini  berada di wilayahnya kelompok "Surya Abadi" sedangkan Desa Dolokgede Sebagai Koordinator peternak yang meliputi pembinaan serta memenuhi kebutuhan Bibit,obat,dan juga bahan-bahan pakan fermentasi.

Jadi demikian kelompok-kelompok ini diadakan agar para peternak bisa saling membutuhkan dan juga saling tukar kaweruh dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Komentar

Postingan Populer