Rabu, 11 Januari 2023

Penambahan Kapasitas SDM Kelompok, Poktan Sendangrejo Adakan Pelatihan Membuat Pupuk Cair Dekomposer

 

pelatihan, pertanian

Bojonegoro, 11 januari 2023. Penambahan Kapasitas SDM kelompok, Poktan Sendangrejo Adakan Pelatihan Pembuatan Dekomposer.  Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro melalui PPL (petugas pertanian lapangan) Kecamatan Tambakrejo,Kab. Bojonegoro Jawa timur rabu 11/1/2023 di sekertariat poktan Sumber Tani desa sendangrejo Kec. Tambakrejo adakan penambahan kapasitas sumberdaya manusia petani untuk membuat belajar membuat pupuk organik cair dekomposer.

Dalam rantai makanan, organisme yang dapat mendaur ulang bahan organik. organisme tersebut dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem, maka dari itu para petani diharapkan mampu menjaga dan merawat ekosistem yang dibutuhkan di pertanian kesuburan tanah adalah salah satu kunci sukses bertani , untuk mengembalikan kesuburan tanah   petani harus menggunakan pupuk organik seperti kompos,dekomposer, agen hayati dll. 

PPL  Kecamatan Tambakrejo, Maskan Hadi, menjelaskan bahwa petani janganlah terlalu banyak menggunakan pupuk kimia, karena terlalu banyak menggunkan pupuk kimia akan mengakibatkan matinya unsur hara tanah.  “ Para petani kedepan dituntut harus berkreatif dan inovatif agar petani tidak ketergantungan dengan pupuk- pupuk pabrikan” ujarnya saat memberikan penjelasan di forum pelatihan.

Di tempat yang sama ketua kelompok tani “ Sumber Tani “ Suyono, menjelaskan tentang asal usulnya pelatihan pembuat dekomposer bermula dari beberapa keluhan para anggota tentang kelangkaan pupuk kimia. 

Dari hasil musyawarah bulanan, beberapa anggota kelompok menginginkan kelompok bisa membuat dekomposer sendiri untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk kimia “ ungkapnya saat di temui ustanmandiri.com di kediamanya.

Dengan berbagai bahan seperti, isi rumen kambing domba maupun sapi ditambah dengan nanas, air leri /air cucian beras,tetes tebu dan alkohol bisa di jadikan mikroba untuk membuat dekomposer sebagai pupuk cair organik.

Harapanya kedepan para anggota kelompok tani sumber tani sendangrejo mampu menekan biaya pupuk dan selain itu tanah menjadi subur dan gembur tanpa pupuk kimia.


1 komentar: