Senin, 21 Maret 2022

Ustan Mandiri Siapkan Lima Ton Pupuk Kompos Jelang Tanam Hortikultura di bulan Mendatang

ustan mandiri

www.ustanmandiri.com  Ustan Mandiri Siapakan Lima Ton Pupuk Kompos Jelang Tanam Hortikultura di bulan Mendatang. Ustan Mandiri, sebuah perkumpulan para petani ternak yang berada di desa dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. kelompok ini telah berhasil mengedukasi para petani ternak di sekitarnya.

Sesuai dengan visi dan misinya KTT & P4S  Ustan Mandiri ( Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) telah  mengedukasi petani ternak cara mengolah limbah peternakan menjadi pendukung sumber bahan organik. 

Senin, 21 maret 2022 di tempat praktek permagangan, 10 anak magang dari SMK Negeri 1 Sekar Bojonegoro telah memproduksi pupuk kompos dari bahan limbah peternakan Ustan Mandiri sebanyak lima ton, kegiatan tersebut menjadikan salah satu agenda praktek  permagangan di P4S  Ustan Mandiri.

Paduan bahan organik antara kotoran ternak dengan kapur dolomit, dekomposer, arang scam dan molase dicampur dan di fermentasi serta di olah sesuai juknis ilmu pertanian yang telah dimiliki oleh P4S Ustan Mandiri menjadi pupuk terbaik buat tanaman hortikultura.

Sebanyak lima ton  kompos yang telah berhasil di proses menjadi pupuk untuk prsiapan jelang tanam hortikultura di musim yang akan datang. peternakan sapi dengan jumlah 15 ekor telah menghasilkan kompos 1 ton setiap bulanya, secara ekonomi peternak ustan mandiri dapat tambahan pendapatannya dari usaha peternakan selain keuntungan pada hasil panen ternak. 

Sejaka tahun 2018 lalu, Ustan Mandiri  telah mengolah limbah limbah peternakan di jadikan sebagai bahan organik yang dapat menghidupkan hara tanah dan juga menyuburkan tanah gersang menjadi gembur.

Dari sinilah KTT & P4S Ustan Mandiri Komitmen dan semangat bersama sama dengan para petani ternak untuk menjadi komunitas petani dan peternak yang tak lepas satu sama lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar