Kamis, 18 November 2021

Waspadapahi Munculnya Belatung Pada Sapi Betina Baru Melahirkan

www.ustanmandiri.com  Waspadahi Munculnya Belatung Pada Sapi Betina Yang Baru Melahirkan. Musim penghujan mengakibatkan banyak  lalat bermunculan, seperti kejadian di kandang Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Sapi Indukan yang baru saja melahirkan mengalami pembengkakan pada vulva diakibatkan muculnya ulat belatung. 
Ulat ulat tersebut muncul dari lalat lalat yang bertelor saat menghinggap pada vulva yang mengeluarkan darah kotor.  Untuk itu peternak harus selalu membersihkan vulva tersebut setiap waktu. Jika peternak tidak selalu memperhatikan indukan tersebut, Sapi betina bisa terjadi seperti sapi di atas, "Muhammad Ali " Pengelola sekaligus ketua Kelompok Tani Ternak memeberikan tindakan tindakan preventif untuk menyelamatkan sang indukan dari serangan belatung yang membahanyakan. 
Dengan menggunakan alat sumpit terbuat dari bahan besi stanlis, alat tersebut di gunakan untuk mengeluarkan belatung satu persatu dari dalam saranya., ada sekitar 20 belatung yang berhasil di keluarkan, untuk mengantisifasi adanya virus maupun bakteri lain masuk, Muhammad ali  menyemprotkan seprey pembunuh lalat, telor serta larva dengan menggunakan Gusanex, tindakan tersebut dilakukan agar indukan sapi selamat dari bahaya dan juga dari infeksi yang di sebabkan oleh virus yang berbahaya. 
Tindakan selanjutnya peternak perlu ada pengawasan lebih lanjut seusai di lakukan pengobatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar