Keturunan Organon Lembang Kembali Lahir di KTT Ustan Mandiri Bojonegoro

 

Pedet Keturunan Organon BBIB Lembang

www.ustanmandiri.com  Keturunan Organon Lembang Kembali Lahir di KTT Ustan Mandiri Bojonegoro. Indukan sapi kelompok Bantuan hibah APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah)  Provinsi Jatim tahun 2015 yang di gaduh oleh anggota kelompok tani ternak KTT Ustan Mandiri Ds Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, dini hari Kamis ,3 Desember 2020 telah melahirkan pedet dengan jenis kelamin jantan.

Sutikno Penggaduh sapi kelompok tersebut melaporkan kepada pihak pengurus bahwa sapi indukan yang telah di Iseminasi Buatan IB oleh petugas dengan kode setrow 21051 dari Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro pada tanggal 27 maret 2020 yang lalu, kini telah lahir dengan normal tanpa ada bantuan apapun.

Pedet jantan keturunan Organon dari pejantan Balai Besar Iseminasi Buatan BBIB Lembang Jawa tengah tersebut telah lahir dengan berat badan 28,4 kg dengan Tinggi Badan 69 cm, Panjang Badan, 57 cm dan Lingkar Dada 68 cm.

Dari data recording ternak tersebut di catat dan di simpan sebagai bukti oleh KTT untuk membenahi kwualitas mutu genetik sapi PO (Peranakan Ongole) yang berada di wilayah sumber bibit  Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Budidaya Dinas peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Elfia Nuraini  mengatakan  "ustan mandiri di harapkan mejadi  contoh kelompok pembibit sapi po di bojonegoro karena lengkap recordingnya mulai dari pelayanan ib, keswan sampai dg recording individu ternaknya di mulai dari berat lahir sampai individu induknya " Pungkasnya saat di hubungi di Watshap appnya.

Dan ketua ustan mandiri sebagai ketua Komunitas Peternak Sapi PO Bojonegoro (KEPOBOJO) di harapkan bisa membawa semangat mempertahankan plasma nuftah sapi ongole dan mengangkat harga jual sebagai bibit sapi PO, sambungnya.

Recording yang telah di lakukan oleh KTT adalah sebagai contoh kepada kelompok yang lain, bahwa recording tersebut menjadi penting dan vital di wilayah sumber bibit untuk mengankat kemurnian mutu genetik sapi andalan bojonegoro yakni sapi PO agar tidak terjadi In Breeding perkawinan sedarah, bila hal tersebut terjadi maka genetic sapi tersebut akan rusak dan tak ada linai plus bagi wilayah sumber Bibit.


 


 


Komentar

Postingan Populer