Menjaga Kesuburan Reproduksi Sapi Indukan, KTT Tanam Jagung Sebagai Alternatif Pakan Hijauan di Saat Musim Kemarau

ustanmandiri.com   Menjaga Kesuburan Reproduksi Indukan, KTT Tanam Jagung Sebagai Alternatif di Saat Musim Kemarau. Tanaman jagung sebagai solusi alternatif bagi KTT Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro jawa timur.
Demi memenuhi kebutuhan hijauan pakan sapi indukan. sejak 70 hari yang lalu, pengurus kandang percontohan pembibitan sapi PO (peranakan ongole) melakukan penanaman jagung guna untuk mengatisipasi kelangkaan pakan hijauan di saat musim kemarau tiba, bulan agustus hingga nopember adalah bulan- bulan terexstrim paling panas semasa kemarau di daerah Bojonegoro, dan akibatkan hijauan rumput segar mengalami kelangkaan.
Untuk selalu memenuhi kebutuhan hijauan maka pengurus KTT menanam jagung.
Lahan hijauan rumput gajah milik KTT satu bulan yang lalu sudah mengalami kekeringan dan mengakibatkan lambatnya pertumbuhan rumput. Rumput -rumput yang ditanam oleh KTT biasanya dapat dipaneh satu bulan, dan kini bisa dipanen dua bulan dan itupun rumput jadi kecil batangnya dan menjadi keras.
Dari hal tersebut pengurus KTT mengambil langkah untuk bisa terpenuhuinya hijauan pakan untuk indukan indukan sapi kelompok yang mengalami bunting yang ada di kandang percontohan untuk selalu tercukupi pakan hijauanya.
Demi kelancaran asi pedet, KTT selalu berinovasi membuat pakan hijaun yg segar supaya pertumbuhan janin pedet tetap terasupi nutrisi yang cukup dan memadahi yakni terdapat pada hijauan segar.
Selain itu untuk mencukupi nutrisi pada janin pedet, pakan hijauan segar juga menjaga kesuburan Reproduksi pada sapi indukan.

Komentar

Postingan Populer