Disnakan Provinsi Jatim, Monitoring Kegiatan UPP Ustan Mandiri Bojonegoro.


Ustanmandiri.com  Disnakan Provinsi Jatim, Monitoring Kegiatan UPP Ustan Mandiri Bojonegoro.    Kegiatan Unit Pengolah Pakan (UPP) Kelompok Tani Ternak (KTT) Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kamis, 6 agustus 2020 jam 11 siang, rombongan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur di damping oleh Disnakan Kabupaten Bojonegoro lakukan monitoring terhadapa produksi pakan di gudang pakan ustan mandiri.

Indra, Bidang BP4  seksi pakan Disnakan Provinsin Jatim memeriksa hasil Leb pakan yang telah di produksi oleh KTT serta buku-buku produksi  penjualan mesin alsintan dan bahan pakan untuk mengevaluasi kegiatan UPP.

Ada beberapa kendalah yang disampaikan oleh Ketua KTT Muhammad ali, tentang turunya produksi dan penjual pakan Dodol Feed di akibatkan terkena dampak covid 19, selain covid wilayah sumber bibit juga menjadi salah satu penyebab turunnya produksi pakan.

Hijauan pakan di KTT sangat melimpah, karena program penanaman rumput pada tahun 2013 dari APBD telah tersebar 4 hektar lahan di wilayah Ustan Mandiri, dari sinilah kegiatan UPP menjadi lemah dalam berproduksi.

Yang awal mampu produksi 1 ton perhari, kini hanya 3 – 4 kwintal perhari,” untuk kedepanya KTT Ustan Mandiri bisa mengembangkan inovasi pakan apalgi ya?” Tanya Indra’ dengan nada berat Ketua KTT menjawab  “Sebenarnya masih banyak inovasi pakan lagi yg mau di kembangkan, tentapi akan kami sukaseskan dulu Dodol Feednya” kata Ali.

Mengembangkan pakan jadi berupa kosentrat di daerah wilayah sumber bibit adalah tantangan yang sangat besar, karena pembibitan tersebut  hanya butuh 20% pakan penguat atau kosentrat berbedadengan penggemukan.

Komentar

Postingan Populer