Disnakan Tingkatkan Mutu Genetic dan Populasi Ternak di Bojonegro


Ustanmandiri.com   Disnakan Tingkatkan Mutu Genetic dan Populasi Ternak di Bojonegro.  Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro mengadakan rapat koordinasi yang melibatkan seluruh Petugas Iseminasi Buatan (IB) dan perwakilan Kelompok Tani Ternak (KTT) seluruh Bojonegoro.

Pertemuan yang digelar,Jumat, 24 juli 2020 di Gedung Perternakan tersebut membahas tentang pemurnian bibit unggul sapi peranakan ongole (PO) yang berada di Wilayah Bojonegoro.

Kepala Dinas, Drh. Catur Rahayu K.M.Si memberikan arahan bagi seluruh petugas IB untuk memberikan pelayan terbaik bagi para peternak “ Bagi seluruh Petugas IB, layanilah peternak dengan baik “ tuturnya saat memberikan arahan.

Kabupaten Bojonegoro telah diakui sebagai wilayah sumber bibit sapi PO sejak tahun 2015 yang lalu oleh Kementrian Republik Indonesia, oleh sebab itu Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) menghendaki sapi PO bisa menjadi Aiconya Kabupaten.

Untuk itu Dinas Peternakan gencar memonitoring ketempat –tempat kelompok ternak , mendata dan memantau langsung  keberadaan populasi sapi putih tersebut.

Kepala Bidang (kabid) Budidaya, Elfia Nuraini meminta kepada seluruh KTT untuk segera melakukan Uji Performen sapi betina yang berusia dibawah tiga tahun, guna untuk mengetahui bibit-bibit yang unggul sesuwai sedantar nasional Indonesia (SNI).

Tidak hanya SNI, tetapi bibit sapi  PO tersebut akan mendapatkan surat kelayan layak bibit (SKLB) dari Kemetrian Pertanian Republik Indonesia.

“ Bagi kelompok ternak sapi PO, bila sapinya minta kawin bibitnya harus putih” anjuran Kabid Budidaya.

Komentar

Postingan Populer