Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro berikan Pelatihan Pakan ternak di Wilayah Pendukung SPR


Ustanmandiri.com    Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro berikan  Pelatihan  Pakan ternak di wilayah pendukung sentra peternakan rakyat /SPR Kecamatan Ngasem. Untuk memberikan pengetahuan tentang keberhasilan beternak sapi, Dinas Peternakan terkait tak henti hentinya membina dan melatih peternak untuk berinovasi membuat pakan sendiri.

Pelatihan yang dihadiri lebih dari 33 peternak terdiri dari KTT  Gento Joyo dan KTT Taruna Tani Tunas Muda serta pengurus SPR Kecatan Ngasem di laksanakan hari sabtu, 18 juli 2020 tersebut ditempatkan di Balai Desa Wadang Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro jawa timur.

Kepala Bidang ( Kabid) Agribis Dinas Peternakan , Wiwik Sulistya memaparkan bahwa pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan peternak tentang inovasi pakan “ Karna 70% biaya produksi di peternakan terletak pada biaya pakan “ tutur Kabid agribis.

Oleh sebab itu peternak diharapkan mampu membuat pakan tersendiri dengan bahan yang lebih murah serta seefesien mungkin, tetapi tak mengurangi kwalitas pakan serta cukup sesuwai kebutuhan ternak.

Dalam pelatihan pembuatan pakan tersebut Dinas Peternakan menggandeng Ketua KTT Ustan Mandiri sebagai Narasumber sekaligus instruktur cara membuat pakan silase dan kosentrat.

Menurut Muhammad Ali,  Ketua ustan mandiri, keberhasilan dan suksesnya peternak  itu tergantung  pada  pakan , “ Kunci sukses beternak terletak di pakan “ tuturnya saat memberikan materi pelatihan.

Dengan adanya pelatihan pelatihan ini diharapkan seluruh SPR di wilayah Kabupaten Bojonegoro dapat berdaya dan mampu memproduksi pakan sendiri dan bisa membuat bisnis kelompok tentang jualan pakan ternak.

Komentar

Postingan Populer