Farmer Breeding Sapi Tak Banyak Diminati

Indukan Sapi PO Ustan Mandiri Dolokgede Tambakrejo

Ustanmandiri.com      Farmer Breeding Sapi Tak Banyak Diminati, banyak kalangan pengusaha  peternakan maupun petani ternak di daerah bojonegoro yang tak banyak melakukan pembibitan, hal tersebut dibuktikan bahwa pembelihan bakalan sapi penggemukan banyak didatang dari luar daerah.

Bisnis pembibitan membutuhkan waktu yang sangat panjang dan infestasi yang cukup lumanyan besar, sedangkan kebutuhan daging sapi potong untuk komsumsi semakin meningkat, petani ternak hanya mampu memelihara 3-4 ekor betina, oleh sebab itu kelahiran pedet yang tak seimbang membuat bakalan sulit didapatkan.

Peternakan pembibitan membutuhkan waktu paling cepat adalah 16 bulan untuk melahirkan  pedet, sedangkan feetening/penggemukan hanya butuh  waktu empat bulan sudah mendapatkan keuntungan.
Dengan siklus inilah sistem breeding tak banyak diminati oleh pengusaha peternakan, padahal Breeding jauh lebih menguntungkan dari pada Feteening, kuncinya breding adalah ketersedian pakan hijauan yang cukup maka usaha ini  akan berhasil.

Breeding juga harus didukung dengan tirakat yang cukup lama untuk mencapai hasil yang menghiurkan, selama 16 bulan puasa makan peternak akan memanen di bulan bulan selanjutnya, bila delapan indukan maka pedet yang akan dilahirkan adalah delapan ekor, berarti dua bulan sekali peternak akan mendapat gajian terus menerus.

Karena banyak peternak yang belum mengusahi pengetahuan dan manajemen pakan, maka usaha pembibitan hanyalah sebagai usaha sampingan. Biaya pakan yang sangat murah dan tersedia disekitar lingkungan kita.

Masalah tersebut bisa diatasi bila mana peternak yang mempunyai cukup lahan terutama dilahan kurang produktif, dan lahan tersebut dijadikan lahan hijauan pakan ternak, seperti penanaman rumput gajah/raja.

Bila petani ternak  melakukan usaha pembibitan  maka petani tersebut dapat memelihara indukan delapan hingga 15 ekor, untuk mencukupi kebutuhan pakan sapi indukan, peternak butuh lahan 1 hektar dengan tanaman rumput gajah.

Mengapa sapi indukan harus memakan hijauan? Karena indukan sangat membutuhkan kesuburan reproduksi agar dapat menjadi normal dimasa birahinya.

Komentar

Postingan Populer