Dampak Dari Pemotongan Rumput Yang Benar

Pemotongan Rumput Yang Sempurna di KTT Ustan Mandiri Dolokgede


ustanmandiri.com   Dampak Dari Pemotongan Rumput Yang Benar, pemotongan atau pemanenan rumput gajah akan lebih bagus jika pemotongannya dengan cara baik dan benar.

Rumput gajah/Raja setia yang banyak dibudidayakan di KTT ( kelompok tani ternak ) Ustan Mandiri Ds. Dolokgede, Kec. Tambakrejo, Kab. Bojonegoro, mampu bertumbuh bagus dan sempurna berkat pemahaman dan pengetahuan peternak cara memanen yang baik dan benar.
 
Pembinaan  yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan setempat membuat pengetahuan para peternak Ustan Mandiri semakin meningkat, itu dibuktikan dengan cara menanam dan memanen rumput gajah dengan baik dan benar.

Sebelum penanaman, pembuatan parit dengan jarak parit 150 cm hingga 200 cm dengan jarak penanaman 100 cm per batang rumput dengan selokan dengan kedalaman 40 cm.
Masa pertumbuhan awal penanaman 0 hari hingga 60 hari, selanjutnya pertumbuhan yang keduakali tanaman rumput ini bisa tumbuh maksimal butuh waktu panen 40 hari.

Biar pertumbuhan lebih bagus dan cepat panen, rumput butuh perawatan pemupukan sekali panen,  pemupukan dilakukan paling bagus pada saat umur tanaman 15 hari.

Untuk masa panen yang paling bagus  peternak Ustan Mandiri memanen di usia rumput 40 hari , karena pada saat itu rumput sudah muncul batang satu hingga dua ruas yang kadar nutrisi sangat baik,  serat, karbohidrat dan protein  yang cukup disaat usia tanaman rumput dipanen.

Perlu diperhatikan disaat memotong atau memanen rumput agar pertumbuhan tunas rumput dapat tumbuh dengan sempurna dengan cara memotong rata dengan tanah seperti foto diatas.

Dengan cara demikian pertumbuhan tunas akan lebih baik dan sempurna karena akannya langsung menempel pada tanah.
Baik sobat ternak, semoga artikel ini bisa menginsfirasi anda pagi para peternak di  Nusantara.  

Komentar

Postingan Populer