Peternak Wajib Tahu Karakter Calon Sapi Kereman


 
Dasri, Ketua Devisi KTT Ustan Mandiri Saat Ngasih Pakan Ternaknya.
ustanmandiri.com    Peternak Wajib Tahu Karakter Calon Sapi Kereman, Ketua Devisi Penggemukan Sapi Lemosin dan Simental KTT Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, jumat 27 maret 2020, Ketua Devisi telah  memaparkan sebuah pengetahuan tentang karakter setiap calon sapi yang akan digemukan.

Menurut Dasri,  anggota KTT ( Kelompok Tani Ternak)  bahwa setiap sapi pasti mempunyai watak dan karakter yang berbada satu sama lain, maka perlakuannya tentu juga sangat berbeda,  contohnya tentang komsumsi pakan.

Tiga ekor sapi yang dipelihara Dasri semua berjenis Lemosin dengan kelamin jantan, karena bertujuan untuk digemukan, maka Dasri  selalu memperhatikan karakter ketiga sapi tersebut. Menurutnya peternak diharus memperhatikan ketika ternak tersebut saat diberi makan, agar peternak dapat memberikan sesuwai porsi dan yang dibutukan ternak.

Setiap sapi pasti punya karakter yang berbeda dengan yang lain, maka kita tidak dapat memberikan jumlah pakan yang sama antara sapi satu dengan yang lainnya, karena harus sesuwai dengan  berat dan jogrog badan sapi ternak tersebut.
 
Maka dari itu Setiap peternak diwajib mengetahui karakter  karakter calon sapi yang akan di gemukan, bila peternak belum mengetahui maka yang akan terjadi adalah  kelambatan pertumbuhan badan ternak akibat pola makan yang tak seimbang.
 
Selain Jogrog dan umur calon sapi yang akan digemukan, pemahaman dan pengetahuan karakter  sapi juga lebih penting diketahui oleh peternak, biar peternak dapat memberikan pakan yang sesuwai dan pas apa yang dibutuhkan.
Selain itu sifat rasa kasih saya terhadap ternak dalam hal ini juga dibutuhkan.

Komentar

Postingan Populer