Pematang Sawah Jadi Lahan Hijauan Pakan Ternak


 
Pematang Sawah dijadikan Lahan Hijauan Pakan Ternak
ustanmandiri.com   Pematang Sawah Jadi Lahan HPT, Hijauan Pakan Ternak tiga tahun terahir di Desa Dolokgede sangat meningkat signifikan, KTT ( kelompok tani ternak ) Ustan Mandiri adalah salah satu kelompok yang merintis dan  membudidayakan rumput jenis Gajah Odot dan Gajah Setia ini sejak tahun 2013 yang lalu, tumbuh tumbuhan ini sudah tersebar dan banyak dibudidayakan di beberapa tempat  di Desa Dolokgede dan  sekitarnya.

Bila anda berjalan jalan ke sawah yang berada di Desa Tersebut, anda akan banyak menjumpai tanaman jenis ini di beberapa lahan baik lahan dataran tinggi maupun dipematang pematang sawah.

Budaya yang sangat bertentangan dengan budaya lingkungan petani di masyarakat Desa tersebut, tindakan  tersebut sempat menjadi masalah yang sangat aneh dan konyol  bagi para petani setempat.

Penanaman yang dilakukan oleh salah satu perintis KTT Ustan Mandiri, Muhammad Ali , menanam rumput  adalah salah satu tindakan yang merugikan dan sebagai penggangu tanaman pangan yang lain, menurut petani rumput  harus dimusnahkan pada saat itu.

Setelah tiga tahun setengah  kemudia KTT Ustan Mandiri telah membuktikan bahwa manfaat menanam rumput bagi petani dan ternak adalah sesuwatu hal yang sangat menguntungkan, selain tanaman pangan panen, petani juga sangat ringan beban merumput dan juga hemat waktu untuk mencari pakan ternak.

Dan sekarang hampir seluruh pematang sawah yang dimiliki oleh Petani Ternak di Desa Dolokgede tak luput dari penanaman rumpu gajah, baik gajah odot maupun gajah setia.

Komentar

Postingan Populer