Jaga Reproduksi Induk, KTT Ustan Mandiri Wajibkan Pakan Hijauan


Pemberian Hijauan Pakan Sapi Kelompok

Ustanmandiri.com    Menjaga Reproduksi Induk, KTT Ustan Mandiri Wajibkan Pakan Hijauan.    KTT (kelompok tani ternak) yang berada di wilayah sumber bibit sapi PO (peranakan ongole) Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, mengintruksikan kepada semua anggota kelompok Ternak, terutama Ustan Mandiri agar memperhatikan pakan hijauan pada sapi indukan.

Banyaknya peternak yang belum banyak memahami terkait pentingnya rumput hijauan indukan membuat sapi indukan banyak kawin IB berulang ulang, hal ini sangat mempengaruhi kerugian bagi para peternak.

Rumput gajah yang kadar nutrisinya paling tinggi bisa membenahi reproduksi sapi indukan, hal ini sudah di contohkan di kandang  percontohan Ustan Mandiri Desa Dolokgede Kec. Tambakrejo, selain mengandung protein yang tinggi rumput hijauan  ini dapat pula  meningkatkan dan mengembangbiakan mikroba mikroba yang berada di rumen.

Tanpa ada penambahan dari pakan lain, rumput gajah jenis Setia/thailand ini sudah mampu mencukupi kebutuhan sapi indukan, 11% protein kasar terdapat pada rumput jenis ini berbeda dengan rumput lapang, rumput lapang protein kasar hanya sekitar  7 – 8% yang terkandung didalamnya.

Selain protein kasar 11%, rumput jenis ini juga mempunyai keunggulan tersendiri di banding dengan rumput gaja lainnya, daun halus tak berbulu, cukup serat dan kadar air rendah dapat memenuhi kebutuhan sapi indukan.

Sekitar 4 Hektar rumput gajah setia yang sudah dikembangkan oleh para peternak Ustan Mandiri sebagai pakan utama pembibitan dan sebagai pakan tambahan penggemukan.

Komentar

Postingan Populer