Mineral Mix Solusi Pencegah Kelumpuhan Sapi

Mineral untuk campuran pakan ternak
ustanmandiri.com         Mineral Mix Solusi Pencegah  Kelumpuhan Sapi. Lahan hijauahan pakan ternak semakin lama semakin berkurang, hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan manusia dibanding kebutuhan pakan ternak,  akhirnya mengakibatkan menyempitnya lahan hijauan untuk ternak.

oleh sebab itu peternak harus mampu membuat inovasi pakan, agar ternak yang kita pelihara tetap terpenuhi asupan gizi dan nutrisinya.  Pakan kering dari limbah pertanian dan di olah dan dicampur dengan bahan bahan lainya seperti kosentrat, fermentasi harus diberi mineral untuk menjadi dan mencegah kelumpuhan terutama sapi jantan kereman.

Untuk mengembalikan nutrisi yang sudah hilang, maka peternak diharuskan mencampur berbagai macam jenis pakan kering dengan hasil limbah pertanian maupun industri olahan, tidak hanya limbah pertanian maupun industri saja yang harus di siapkan, tetapi ada juga campuran yg lebih penting dan sering terabaikan oleh peternak yakni mineral.

Mineral, jenis campuran pakan ini sangat penting dan orgen didalam peternakan, sebab apabila ternak sapi kita kekurangan meneral, maka akan berdampak pada pengkroposan tulang dan mengakibatkan kelumpuhan pada sapi.

Campuran pakan ini juga baik dan bagus untuk sapi betina, agar Reproduksinya selalu subur dan bagus sehingga mempercepat birahi dan mempermudahkan kebuntingan.
Pakan jenis ini biasanya banyak di dapat di hijauan pakan di pinggir pinggir hutan dan di ladang yang tahan kering dan dapat bertumbuh dengan subur.

Ilalang atau disebut dengan alang alang, pakan hijauan jenis ini  bisa menggantikan  mineral sebagai campuran kosentrat maupun fermentasi.

Komentar

Postingan Populer