BI ( Bank Indonesia) Bantu 1000 Akseptor dan Pelatihan Peternak dan Petugas IB ke Disnakan Bojonegoro

ustanmandiri.com     Pelatihan Peternakan Sapi dan Perjanjian Bank Indonesia Jawa timur dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro 13/12/2019.

Jumat pagi di Gedung Balai Pertemuan Dinas Peternakan telah dibuka pelatihan peternakan sapi yang diikuti 12 kelompok tani ternak di delapan Kecamatan  yang dibuka langsung oleh PLT Drh. Catur Rahayu.

Dalam sambutanya Ibu PLT menjelaskan bahwa Dinas Peternak Bojonegoro tidak sebagai donatur atau memberikan bantuan ternak kekelompok, tapi hanya sebagai fasilitas kelompok peternak.
" Dinas Peternakan hanya bisa memfasilitasi kelompok, agar kelompok bisa berdaya dan mampu membuat kemitraan " ungkapnya saat menyampaikan sambutan pembukaan.

Untuk mempercepat perkembangan populasi sapi di bojonegoro,  BI (Bank Indonesia)  bekerjasama dengan dinas peternakan dan perikanan bojonegoro dengan program iseminasi buatan 1000 aseptor.

Topik Hidayat,  perwakilan BI mengatakan, Bank akan membantu secara geratis berupa 1000 setrow dan pelatihan kepada petugas iseminator dan peternak.
" BI tidak hanya membantu berupa 1000 akseptor, tapi juga melatih pada peternak dan petugas IB " tuturnya saat memberikan sambutanya.

Dalam pelatihan yang mendatangkan ahli reproduksi sapi betina dari Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR,  Prof. Abdul Samik.
Peternak yang melakukan breeding atau pembibitan yang harus diperhatikan adalah reproduksi pada sapi betina, " kunci sukses pembibitan adalah direpruksi " ungkapnya saat memberikan pelatihan.

Menurut Narasumber reproduksi bisa bagus ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh petugas dan peternak adalah, pakan, cuaca 18°, 100 hari indukan minta kawin, tiga sampai empat bulan pedet di pisahkan/ disapih, itulah kreteria sapi indukan yang mudah bunting.


Komentar

Postingan Populer