BUMDes Kerjasama KTT Ustan Mandiri Produksi Pupuk Kompos Organik

ustanmandiri.com   Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dolokgede Bumi Makmur, kerjasama dengan Kelompok Tani Ternak (KTT) Ustan Mandiri memproduksi Pupuk organik dengan bahan bahan  kotoran ternak.

Upaya membangun Desa terus dilakukan untuk mencapai sebuah inovasi Desa yang dapat menghasilkan pendapatan ekonomi Desa, itulah semboyan utama dari para pemuda bangun Desa ini.

Pertemuan yang sangat singkat dengan memakan waktu satu jam untuk membahas peraturan - peraturan yang bisa disepakati kedua belah pihak.

Rabu, 30 oktober 2019, pukul 11 : 00 waktu setempat,  empat pemuda pengurus BUMDes dan KTT ustan Mandiri mengadakan pertemuan kusus antar pengurus untuk membicarakan  MOU ( memorandum of undertanding ) kerjasama antar lembaga.

Ketua BUMDes, Ahmad Hadi Shodikin menjelaskan bahwa rumah kompos yg telah dibangun Desa tahun 2018 telah resmi diserahkan BUMDes oleh pihak pemerintah desa,maka dari itu hak sepenuhnya adalah ditangan BUDes,  dan kini resmi dilimpahkan kepada  ustan mandiri untuk dikelola produksi pupuk,   " BUMDes dalam kerjasama ini hanya bisa  memberikan fasilitas kegiatan produksi pupuk saja,  selainya itu BUMDes belum mampu mengkafernya" tandasnya saat memberikan penjelasan syarat kerjasama kepada ustan mandiri di sekretariat Ustan.

Di tempat yang sama,  pihak Ustan menerima persyaratan yang diajukan BUMDes dengan Peratan dan modal sepenuhnya akan di hendel pihak Ustan mandiri selaku pelaksana produksi, " untuk alat alat dan modal biar kelompok kami yang melengkapi " tutur Ali Ketua Ustan Mandiri selaku pengambil keputusan.

Dalam kerjasama antara BUMDes dan Kelompok Ternak, kedua belah pihak telah menyepakati  dan menyetujui MOU yang diajukan BUMDes Dolokgede Bumi Makmur,  untuk segera dilakukan kegiatan produksi pupuk organik di Desa setempat.



Komentar

Postingan Populer