Butuh 1,395 Ton/hari Hijauan Pakan, Peternak Berebut Lahan


Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk di Tanami Rumput Gajah
Peternakan - Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo,Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sejak tahun 2011 hingga 2018 akhir tercatat peningkatan ternak yang siknifikan, hal tersebut dipicu oleh adanya sebuah Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri yang berani memberikan contoh cara beternak dengan sistem terpadu.

Sistem terpadu ini dilakukan agar peternak lebih ringan dan efesien dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya,contoh yang paling orgen adalah budidaya rumput, di Desa Dolokgede lebih dari tiga hektar lahan yang telah ditanami rumput gajah untuk persediaan setiap harinya.

Pemanfaatan pematang sawang dan tepian-tepian sungai serta irigasi mulai di manfaatkan oleh para peternak untuk ditanami rumput.
Seperti yang di lakukan oleh pemuda dan bapak dua anak Rt 04, Tarno melakukan penanaman ditepian irigasi.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kelomjakan bertambahnya populasi ternak di Desa Dolokgede, KTT Ustan Mandiri menghimbau kepada semua anggota mulai dini menanam rumput.

Jumlah sapi kelompok 51 ekor  dan sapi milik  PT Berdikari Persero berjumlah 42 ekor sapi kereman jenis simpolimpo yakni ( sapi lemosin dan simental), jumlah total 93 ekor yang dikelola oleh kelompok.

Dalam hitungan pakan hijauan, sapi Ustan Mandiri satu ekornya membutuhkan hijauan 15 kg perhari, maka kebutuhan keseluruhan pakan hijauan yang dibutuhkan oleh kelompok berjumlah  1,395 ton perhari, dari sinilah Ustan Mandiri mulai berebut lahan untuk hijauan dimanfaatkan.(ali)

Komentar

Postingan Populer